Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 17 Juni 2018 10:08     Dibaca: 3774 Pembaca

Warga Berswafoto Bareng Pilot Pesawat Presiden Jokowi

Mayor (Pnb) Irwanda Syafriadi, pilot pesawat Presiden Joko Widodo (Baju Orange) saat diajak foto oleh warga Simpang Sender OKUS

Muaradua, Detik Sumsel - Mayor (Pnb) Irwanda Syafriadi, pilot pesawat Presiden Joko Widodo pada hari raya Idul Fitri 1439 H pulang ke kampung halamannya di Kelurahan Simpang Sender Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten OKU Selatan.

Lulusan sekolah penerbang angkatan 72 di Akademi Angkatan Udara (AAU) ini mudik ke kampung halamannnya bersama sang istri Uchy Mada yang juga pramugari Garuda Indonesia dan kedua buah hati mereka Nara dan Nares.

Kehadiran Irwanda tidak disia-siakan, sejumlah warga nampak berfoto ataupun berswafoto dengan anak pertama pasangan Bapak Erwin dan Ibu Nursima.

Prestasi alumni SMAN 1 Baturaja ini sehingga menjadi pilot pesawat presiden ini cukup membagakan warga tanah kelahirannya Simpang Sender.

" Tidak semua pilot bisa menjadi pilotnya Pesawat RI 1, kami turut bangga, "kata Pipi Oktorini warga Simpang Sender.

Dikatakan Pipi, Irwanda bisa menjadi pilot Pesawat Presiden tentu memiliki kelebihan dan prestasi di banding pilot yang lainnya.

" Dia bisa jadi pilot Pesawat RI 1 ini tentu melalui proses pemilihan yang super ketat, dia bisa lulus tentu ini prestasi yang luar biasa. Sebagai saudara satu kampung kami sangat bangga sekali, "kata putri H A Latif dan Hj Inton Nasiah ini.

Mayor (Pnb) Irwanda menyelesaikan pendidikan di Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2004. Kemudian Irwanda melanjutkan ke sekolah penerbangan di Yogyakarta. Irwanda tergabung dalam angkatan 42 dan lulus pada tahun 2006.

Setelah itu dirinya pun bergabung ke Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Lulus 2004 pertama kali dinas di Skadron 2. Saya pilot CN setelah 1 tahun, saya ke VIP. Saya sebetulnya bukan asli 31 (Pesawat Hercules) tapi VIP 17," ujar Irwanda.

Irwanda mengaku tidak pernah terbayangkan memperoleh kehormatan untuk membawa pesawat Boeing Business Jet-2 (BBJ-2) yang ditumpangi orang nomor satu di Indonesia.

"Kebanggaan saya termasuk 4 orang pertama yakni Letkol Penerbang Firman Wirayuda, Letkol Penerbang Ali Gusman, dan Mayor Noto yang membawa pesawat kepresidenan," imbuhnya.

Adakah persiapan khusus sebelum terbang? "Sebelum terbang normal, istirahat cukup dulu karena saya tahu terbang SAR paling nggak 10 jam (perjalanan). Lalu saya paling minta doa anak dan istri," lanjutnya.

Selain itu, Irwanda selalu mengecek perkiraan cuaca dan bandara alternatif lokasi yang ditujunya. Terlebih bila dia menerbangkan BBJ-2.

"Sebelum terbang saya selalu monitor cuaca lokasi yang saya tuju dan cari bandara alternatif apalagi bawa Bapak Presiden RI. Selain itu juga cek bandara alternatif di lokasi yang akan kita tuju untuk mendarat darurat," tutup pria yang semasa kecilnya bercita-cita sebagai dokter.

Ada cerita lucu saat kali pertama dia naik pesawat yang membawanya dari Palembang. Irwanda tidak pernah membayangkan pesawat loreng (Hercules) menjadi moda angkutan udara perdana yang dinaikinya.

"Saya pertama naik pesawat dari Palembang mau tes ke Magelang naik Hercules, bayangan saya (itu pesawatnya) Boeing kan yang kursinya berjejer rapi tapi kok malah jaring-jaring di dalamnya. Eh nggak tahunya terakhir saya malah jadi pilot Hercules haha," ceritanya sambil tertawa. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi