Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 28 September 2017 20:57     Dibaca: 158 Pembaca

Warga Kembali Pertanyakan Progres Pembangunan Rusunawa

Kepala Bappeda Elman ST MM

Prabumulih, Detik Sumsel - Progres pembangunan rumah susun sewa (rusunawa, red) yang berada di Jalan Lingkar komplek Islamic Centre belum jelas. Padahal rusunawa tersebut sudah dibangun sejak Agustus 2016. Kondisi tersebut menimbulkan pertanyaan dari warga, khususnya calon penguni rusunawa yang telah masuk dalam daftar calon penghuni.

Seperti yang disampaikan oleh Risma (39), warga Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur yang mengaku sudah tidak sabar untuk menempati bangunan rusunawa tersebut. Namun ia dan calon penghuni lainnya belum mendapatkan kepastian terkait waktu untuk menempati rusunawa.

"Kita sudah coba tanyakan masalah ini ke Pemkot Prabumulih, namun belum ada kepastian. Kami disuruh bersabar, dengan alasan pembangunan rusunawa belum selesai," ujarnya kepada Detiksumsel.com, Kamis (28/9).

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Elman ST MM saat dikonfirmasi mengaku jika progres pembangunan rusunawa saat ini masih dalam tahap finishing. Hanya saja pihaknya belum bisa memastikan secara pasti penyelesaian pembangunana rusunawa tersebut. Mengingat rusunawa merupakan bantuan dari pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera, red).

"Kalau masalah pembangunan domainnya ada di pihak kementrian, kita sifatnya hanya sebagai penerima bantuan. Untuk itu kita tidak bisa mendesak pihak kontraktor untuk dalam hal mempercepat proses pembangunan," jelasnya.

Meskipun demikian, sambung Elman, pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi kepada pihak kementrian. Bahkan informasinya pihak kementrian sudah melakukan cek fisik progres pembangunan rusunawa yang dikerjakan oleh PT Berantas.

"Informasinya seminggu yang lalu mereka (Kementrian PU Pera, red) sudah cek lokasi. Dan ditargetkan pembangunan rusunawa ini selesai pada akhir Oktober mendatang. Tidak hanya fisik namun mobiler pengadaan peralatan rumah tangga seperti lemari dan kasur juga dipastikan selesai dibulan yang sama," jelasnya.

Disinggung terkait ketersediaan fasilitas umum di rusunawa tersebut, Elman mengaku jika hal tersebut sudah disiapkan, khususnya fasilitas penerangan. Hanya saja untuk PDAM dan  gas alam belum bisa dialirkan. Namun untuk jaringan pipanya sudah terpasang di kawasan tersebut.

"Kita juga berharap progres pembangunan rusunawa ini cepat selesai. Sehingga bisa langsung dinikmati oleh masyarakat," pungkasnya. (Ichal)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi