Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 08 Januari 2018 08:37     Dibaca: 317 Pembaca

Wow, Lelang Lebak Lebung Muba Lampui Target

Sekretaris Dinas Pemberdyaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Ardiansyah, SE, MM

Sekayu, Detik Sumsel – Lelang lebak lebung Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), selama 2017, ternyata melampui target sebesar 12,5 persen. Kenaikan tersebut, melampui hasil lelang lebak lebung pada 2016 yang lalu.   

Sekretaris Dinas Pemberdyaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Ardiansyah, SE, MM mengungkapkan bahwa hasil lelang lebak lebung pada 2017 sebesar Rp 2.470.892.000, dari 11 kecamatan dalam Kabupaten Muba. “Target kita sebesar  Rp2.200.000.000, hasilnya kita melampuinya. Sedangkan 2016, targetnya hanya Rp 1.785.833.000,-,” terangnya saat dihubungi Senin, (8/1).

Diterangkannya bahwa pembagian dari hasil lelang yaitu 70 persen, dikembalikan ke kas desa, 20 persen akan dimasukkan ke kas derah, sedangkan 10 persen untuk pelaksanaan lelang. “Lelang lebak lebung merupakan pendapatan asli derah, sehingga sungai dan anak sunga yang memiliki nilai produktif akan dilakukan pengelolaan yang optimal,” terangnya

Meskipun dilakukan pengelolaan ataupun lelang, para pemenang tetap diberikan rambu-rambu ataupun aturan tegas menyangkut pelaksaan dilapangan. Sehingga tidak merusak ekosistem air maupun sungai tersebut.  “Sesuai Peraturan Derah (Perda) No 18 tahun 2005, tidak melakukan aktifitas yang bersifat merusak ekosistem mahluk hidup. Tentunya dengan menggunakan racun atupun setrum,” tegasnya.  Diharapkan dengan lelang lebak lebung ini, mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat. “ Kami berharap ada alternatif lain untuk meningatkan ekonomi masyarakat, selain komoditi pertanian,” tutupnya. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi