1.700 Warga Binaan di Lapas Akan Gunakan E-Money BSI Setiap Transaksi | Detik Sumsel
Pemprov

1.700 Warga Binaan di Lapas Akan Gunakan E-Money BSI Setiap Transaksi

#Digitalisasi Uang Elektronik Kurangi Penyalagunaan uang di Lapas

Palembang, Detik Sumsel – Untuk mengurangi penyalagunaan uang tunai didalam lapas, PT.Bank Syariah Indonesia KC Palembang 16 melakukan kerjasama dengan Lapas Kelas IIA Banyuasin, melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dalam bentuk digitalisasi pengunanaan uang elektronik.

Kerjasama ini jelas Kepala Cabang BSI KC Palembang 16 ilir, Lili Ramayanti mengatakan, kerjasama ini untuk memaksimalkan penggunaan Emoney dan BSI Mobile dilingkungan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Banyuasin.

“Nanti seluruh warga binaan ini seluruhnya akan diberi kartu Emoney untuk bertransaksi harian, jadi keluarga nanti bisa melakuka top up isi saldo melalui mobile banking atau di Indomaret, dengan top up tertinggi dibatasi hanya Rp 1.000,000 juta untuk satu warga binaan,” jelas Lili ketika dibincangi usai kegiatan PKS, Minggu (26/09).

Ditambahkanya, penerapan pengunaan uang elektronik diLapas kelas IIA ini akan mulai dilakukan diawal bulan Oktober mendatang, karena saat ini masih dalam proses penyelesaian jaringan pengunaan alat untuk digunakan untuj transaksi di lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakat kelas IIA Banyuasin, Ronaldo Davinci mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama PKS bentuk transaksi dengan mengunakan uang elektronik. “Jadi nanti tidak ada lagi transaksi uang tunai didalama lapas. Ini dilakukan untuk menekan terjadinya penyalagunaan uang dan juga untuk menekan pungli,” jelasnya.

Nantinya setiap transaksi tidak ada lagi uang tunai tapi melalui kartu untuk melakukan transaksi apapun di lapas. Untuk tahap awal ini ada lebih kurang 1.400 kartu akan dibagikan secara bertahap kepala 1.700 warga binaan yang ada disini.

Dalam penerapanya jelas Davin, tidak ada paksaaan karena tidak seluruh warga binaan berasal dari kalangan orang berada, tapi alangkah baiknya bisa mengunakan E-monney dalam transaksi.

“Kita harapkan pola pembinaan pengunaa uang E-Monney ini bisa berjalan lancar, karena dengan pola seperti ini kita bisa menela ganguan keuangan dalam penyalagunaan uang dilapas,”katanya.

Saat ini masih menunggu dari BSI, untuk pengadaan kartu uang elektronik yang akan diberikan pada warga binaan yang saat ini masih dalam proses pendataan, dan pemasangan alat untuk mendukung proses tersebut.

Selain bekerjasama dengan Lapas kelas IIA Banyuasin, sebelumnya BSI KC Palembang 16 juga melakuka kerjasama dalam bentuk PKS pembayaran gaji (payroll) karyawan Basarnas Palembang.

Selaib payrool gaji kerjasama ini juga memberikan fasilitas pembiayaan mitraguna dalam bentuk pemberian kredit hingga Rp 1 Miliar tergantung dengan gaji dari pegawai tersebut. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Jawab Kebutuhan Jasa Pengiriman, Isuzu Hadirkan Traga Blind Van

Palembang, Detik Sumsel – Tingginya permintaan jasa pengiriman barang , khususnya industri retail, sejak adanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *