10 Muharram, Ini Tradisi Warga Kebon Gede 32 Ilir | Detik Sumsel
BNI"
Warga Kebon Gede I Kelurahan 32 Ilir memberikan santunan kepada anak yatim. (Fauzi/DS)

10 Muharram, Ini Tradisi Warga Kebon Gede 32 Ilir

Palembang, Detik Sumsel — Ratusan warga di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Lorong Kebon Gede I, RT 14, RW 60, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang setelah pembacaan surat Yasin selesai langsung menyerbu hidangan bubur yang disajikan dalam peringatan 10 Muharram 1440 Hijriyah atau hari Asyuro Kamis (20/9).

Ketua panitia 10 Muharram 1440 Hijriyah Supriadi Kevin mengatakan peringatan tahun baru islam atau di bulan Muharram merupakan tradisi umat islam yang diperingati setiap tahun nya.

Khusus ditanggal 10 Muharram 1440 Hijriyah ada beberapa tradisi umat islam yang selalu dilakukan di Kelurahan 32 Ilir, tepatnya di Lorong Kebon Gede I RT 14, RW 60 dengan bersedekah bubur dan menyantuni anak yatim.

“Kami bersyukur karena setiap tahunnya peringatan 10 Muharram selalu dilakukan, tentu nya dengan dukungan dan suport dari para dermawan yang mengulurkan bantuan baik bahan pokok makanan pembuat bubur maupun uang untuk menyantuni anak yatim,”katanya.

Sementara itu, ustadz Ridwan Harun Roni dalam tausyiah menjelaskan perhitungan bulan islam ada dua belas bulan diantaranya dua belas bulan ini ada empat bulan yang diistimewakan di antara bulan Muharram, Rajab, Ramadhan dan Zulhijah.

“Tanggal 10 Muharram atau hari Asyuro ini merupakan hari raya anak yatim. Dalam tanggal 10 Muharram ini juga nabi Yunus diselamatkan oleh Allah dari dalam perut ikan hiu ketika ditelan. Dan nabi Adam diampuni dosa nya setelah terusir dari surga oleh Allah pada 10 Muharram. Begitu banyak keistimewaan dari bulan Muharram ini untuk itu pada bulan Muharram ini umat islam dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanallah Ta’alla,”katanya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Danrem Gapo Ikut Rakor Jumlah Final Operasi PPKM dan Vaksinasi

Palembang, Detik Sumsel — Komandan Korem (Danrem) 044 / Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *