15 Pasang BGP Terpilih Akan Ditugaskan Jadi Duta Pariwisata Kota Palembang | Detik Sumsel
BNI"
Istimewa

15 Pasang BGP Terpilih Akan Ditugaskan Jadi Duta Pariwisata Kota Palembang

Palembang, Detik Sunsel – Guna melibatkan setiap lapisan para pemuda pemudi Kota Palembang dan juga masyarakat untuk dapat mengikuti ajang Pemilihan Bujang Gadis Palembang (BGP), Yayasan Bujang Gadis Palembang (YBGP) buka ajang pemilihan BGP ke-32. Pendaftaran yang dimulai sejak 10 Mei-27 Juni tersebut nampak ramai peminat.

“Pemilihan Bujang Gadis Palembang ke 32 akan dilaksanakan pada tanggal 28 juni dengan rangkaian kegiatan penyisihan berupa Tes Tertulis, wawancara, bakat, semifinal, karantina dan Grand Final,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, Sabtu (29/06).

Isinaini juga menjelaskan, bahwa pemilihan Bujang Gadis Palembang pertama kali di selenggarakan pada tahun 1987. “BGP merupakan suatu wadah atau ikatan para pemuda-pemudi atau Bujang-Gadis Kota Palembang. Ikatan Bujang Gadis Palembang pada tahun 1992 yang kemudian berubah nama menjadi Yayasan Bujang Gadis Palembang,” ujarnya.

Masih dikatakannya, dalam pemilihan pada tahun ini, penyaringan peserta tidak hanya dilakukan dari jakut pendaftaran umum tapi juga dari perwakilan 18 Kecamatan Kota.

“Ini sengaja kita lakukan guna melibatkan setiap lapisan para pemuda pemudi Kota Palembang dan juga masyarakat untuk dapat mengikuti ajang Pemilihan Bujang Gadis Palembang,” paparnya.

Dengan bertemakan “Palembang Rompok Kulo” atau Palembang Rumah Ku, Isnaini menyampaikan bahwa, hal tersebut memiliki arti guna mengingat kota Palembang sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

“Bujang Gadis Palembang sebagai pemilihan tertua di Sumatera Selatan yang penuh dengan sejarah, Palembang diartikan sebagai rumah bagi semua orang. Jika di hubungkan dengan BGP, mak dapat diartikan sebagai rumah bagi para Pemuda Pemudi kota Palembang untuk dapat menyumbangkan ide, pokok pokok pikiran dan aspirasi para muda mudi Kota Palembang,” tuturnya.

Dirinya juga mengungkapkan, selama 32 tahun, YBGP sudah banyak melahirkan alumni alumni berprestasi di bidangnya masing masing, baik ditingkat nasional maupun internasional, dan juga para alumni YBGP pun sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

“Dengan banyaknya Alumni YBGP yang tersebar tentunya menjadi sebuah koneksi yang lebih bagi para pihak baik internal ataupun eksternal dari Yayasan Bujang Gadis Palembang,” katanya.

Masih dikatakannya, selama 32 tahun, YBGP bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang untuk menyelenggarakan kegiatan Pemilihan.

“Seluruh keperluan baik dana maupun perlengkapan dan venue bersumber dari APBD Kota Palembang,” sambungnya.

Dirinya juga berharap, dengan adanya pemilihan BGP tersebut, para finalis yang nantinya akan lolos dapat mengembangkan bakat dan keterampilan yang mereka punya sesuai porsinya masing masing. “YBGP juga akan membantu dalam hal pelatihan, pengembangan diri dan koneksi,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, dalam Pemilihan BGP ke 32 tersebut, akan dipilih 15 pasang Bujang dan Gadis dengan 10 kategori pemenang yakni Bujang Gadis, Wakil l Bujang Gadis, Wakil 2 Bujang Gadis, Harapan ! Bujang Gadis, Harapan 2 Bujang Gadis, Harapan 3 Bujang Gadis, Fotogenik Bujang Gadis, Berbakat Bujang Gadis, Persahlabatan Bujang Gadis, Favorit Bujang Gadis dan Finalis.

“Hadiah yang didapatkan oleh pemenang berjumlah total ratusan juta rupiah. 15 pasang Bujang dan Gadis yang sudah terpilih akan bertugas sebagai Duta Pariwisata Kota Palembang selama 1 tahun masa jabatan dibawah naungan langsung Dinas Pariwisata Kota Palembang,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, pemilihan Bujang Gadis Palembang yang ke 32 ini telah dimulai dari tanggal 10 Mei dengan pembukaan pendaharan, dan ditutup pada tanggal 27 Juni, rangkaian technical meeting, tes tertulis, wawancara dan bakat dimulai dari tanggal 28, 29, dan 30 Juni hingga pengumuman para semifinalis pada tanggal 1 Juli, kemudian rangkaian kegiatan pra semiiinal di mulai pada 1 Juli sampai 5 Juli dan malam semifinal di laksanakan pada tanggal 6 Juli.

“Selanjutnya kegiatan pra karantina finalis di mulai pada 6 Juli hingga 13 Juli, kegiatan preliminary show atau unjuk bakat para Finalis akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli di Palembang Indah Mall. City tour atau anjangsana finalis sampai dengan karantina finalis di mulai tanggal l5 Juli hingga 19 Juli bertempat di wisma atlit Jakabaring dan terakhir Grand Final akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli malam di Santika Premier Hotel,” pungkasnya. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Unsri Minta Perkara Yudisium tak Dikaitkan dengan Dugaan Pelecehan Seksual

Indralaya, Detik Sumsel- Pihak rektorat Universitas Sriwijaya (Unsri) akhirnya buka suara terkait salah seorang mahasiswi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *