173 Desa di Ogan Ilir Bakal Gelar Pilkades | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Kabid Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dinas PMD OI, M. Panca Rahmad SH MSi

173 Desa di Ogan Ilir Bakal Gelar Pilkades

Indralaya, Detik Sumsel- Sebanyak 173 desa di 16 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dinas PMD OI, M. Panca Rahmad S. H Msi ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (9/7).

“Ada 173 Desa 16 Kecamatan sekabupaten Ogan Ilir akan menggelar Pilkades di bulan 10 tahun 2022, Sesuai permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas mendagri no 112 tahun 2014 tentang pemilihan kades,”katanya.

Ia menambahkan, untuk masa kompanye para calon kanidat yang maju akan diberikan waktu selam 3 hari sebelum dimulainya pemilihan.

Baca Juga :   Kongkrit, Gubernur Herman Deru Alihkan Anggaran Untuk Insentif Tenaga Kesehatan

“Ya, 3 hari kita beri waktu kepada para calon kanidat kepala desa yang maju untuk berkompanye sebelum masuk masa pemilihan, adapun aturan didalam kompanya tersebut diantaranya tidak mengganggu ketertipan umum, mengintimidasi, merusak alat peraga calon lain,”terangnya.

Dijelaskannya, untuk keperluan pemilihan dalam Pilkades seperti kertas surat suara, paku, tinta, bilik, dan kotak kertas surat suara nantinya akan distribusikan di 16 kecamatan yang akan diambil oleh pihak panitia.

“Untuk panitia pilkades berjumlah 7 orang yang dipilih langsung oleh Badan Permusyawaratan Desa dan mereka juga nantinya bertugas mengambil seperti kertas surat suara, paku, tinta, bilik dan kotak suara disetiap Kecamatan,”jelasnya.

Baca Juga :   Hendak Tawuran 26 Siswa Ini Diamankan

Selain itu juga waktu dalam pemilihan pilkades, masyarakat ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) mulai pukul 8.00 wib pagi sampai 12.00 wib siang.

“Mulainya masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dari pukul 8.00 wib pagi sampai 12.00 wib siang dan dilanjutkan penghitungan kertas surat suara, Jika pun ada sengketa dalam pilkades maka calon bisa menyelesaikannya ke panitia Kecamatan jika pun tidak selesai baru ke tingkat kabupaten,” pungkasnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Gaduh Sumbangan Rp 2 Triliun, Kapolda Sumsel Akui Kelalainnya dan Minta Maaf Kepada Seluruh Masyarakat Indonesia

Palembang, Detik Sumsel — Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *