20 Ribu Warga OKU Akan Menerima BLT | Detik Sumsel
BNI"
20 Ribu Warga OKU Akan Menerima BLT
Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin, Kholik

20 Ribu Warga OKU Akan Menerima BLT

Baturaja, Detik Sumsel — Sebanyak 20.000 masyarakat kurang mampu yang terdampak covid-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa sembako yang di programkan oleh Pemkab OKU. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) OKU Saiful Kamal SKm M.Epid melalui Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Kholik kepada Detiksumsel.com Kamis (15/4).

Dikatakan Kholik, jumlah tersebut diluar jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan dari pusat seperti bantuan PKH/BPNT dan program sosial tunai. Untuk PKH dan BPNT tahun ini ada penambahan jumlah KPM yakni kuota sekitar 6004 KPM, sedangkan untuk program sosial tunai di OKU ada sekitar 2230 KPM. “Yang sudah terdata dan menjadi penerima bantuan dari pusat tidak akan dimasukan lagi dalam program bantuan daerah,” kata Kholik.

Saat ini dikatakan Kholik Dinsos OKU masih memproses verifikasi dan validasi data masyarakat penerima bantuan tersebut, proses verifikasi ini telah dilakukan sejak dua hari yang lalu yang dilakukan oleh relawan verifikator dinas sosial yang ada disetiap desa dan kelurahan di OKU. “Kalau target kita sabtu (18/4) ini sudah selesai,” Kata Holik.

Meskipun ditargetkan secepat mungkin, namun menurut Kholik verifikasi data ini tetap dilakukan dengan hati-hati, pihaknya juga tetap memperhatikan kondisi dilapangan, hal ini untuk memastikan agar data verifikasi KPM yang akan menerima bantuan memang valid dan sesuai dengan ketentuan.

“Makanya saat ini kita sedang memverifikasi KPM penerima bantuan dari pusat dahulu, setelah clear masyarakat yang belum masuk datanya di bantuan manapun serta memenuhi kriteria baru kita masukan dalam data penerima bantuan dari pemerintah daerah, jika jumlah itu masih ada yang lebih maka akan kita masukan dalam bantuan Desa,” ujarnya.

Disinggung masalah besaran bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat serta teknis pembagiannya, Kholik mengatakan pihak Dinsos OKU hanya mempersiapkan dan melakukan verifikasi data. “Soal teknis dan besarannya silahkan dikonfirmasi ke Pak Sekda, kami hanya melakukan verifikasi dan menyiapkan data harapannya ,” tukasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Pemkab OKU akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) per keluarga sebesar Rp 600 ribu/ bulan yang akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak covid-19 dengan syarat, bahwa penerima bantuan ini tidak menerima bantuan sosial  PKH, Kartu Pra Kerja dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT.  BLT berupa sembako ini akan diberikan selama 3 bulan mulai dari April hinga Juni 2020. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PDAM Tirta Agung Pastikan IPA Jejawi Beroperasi Awal 2022

Kayuagung, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) bersama dengan Kementerian PUPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *