2022, Replanting di Muba Targetkan 12.000 hektar | Detik Sumsel
BNI"
Suasana diskusi publik tentang Replanting yang digelar di Lord Cafe Palembang, Minggu (28/4).

2022, Replanting di Muba Targetkan 12.000 hektar

Palembang, Detik Sumsel – Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Musi Banyuasi (Muba) Iskandar mengaku progres replanting Kelapa Sawitdi Musi Banyuasin sekitar 8134 hektar, kemudian 4.400 hektar sudah selesai di tambah 990 hektar sudah clear ditanam. Yang akan di tanam ada sekitar 2400an hektar.

“Jadi, insya Allah ini sampe tahun 2019 ada 8154 hektar ditambah nanti akan ada 5.000 hektar. Sedangkan target 2022 Muba bisa Replanting lahan sawit dengan harapan 12.000 hektar”ungkapnya saat diskusi publik tentang Replanting yang digelar di Lord Cafe Palembang, Minggu (28/4).

Dikatakan Iskandar, Progres kabupaten Muba untuk di Sumsel maupun di Indonesia lebih cepat dair ekpektasi yang diharapkan “ Alhamdulillah, kita menargetkan 2.000 akhirnya dapat 3.000, ada hal-hal dibantu akselerasinya oleh para pihak yang lainnya, dan itu mempercepat progres,” katanya.

Sementara itu, Dewan Pakar HKTI Sumsel Dr Andreas Leonardo mengatalan bahwa di Sumatera Selatan, sebagai salah satu lumbung sawit di Indonesia terus mengajak petani karet untuk memanfaatkan peluang ini sebagai peningkatan produksi sawit dimasa mendatang. Termasuk di Musi Banyuasin sebagai produksi sawit terbesar di Sumsel. Bahkan target 2022 program Replanting bisa mencapai 42.000 hektar.

“Pemberdayaan petani sawit berupa program replanting sangat membantu ke petani. Tinggal bagaimana agar berjalan dengan baik harus ada komunikasi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan KUD dan juga kelompok tani,”ungkapnya.

Menurut Andreas, penting harus dikaji oleh semua pihak terkait terutama Pemerintah terutama sasaran benar-benar sertifijat tanah milik rakyat. “Birokrasi yang tak panjang, penyediaan pasar atau market, dan tak kalah oenting adalah SDM nya,”pungkasnya (fir)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Selain Kurang Kolam Retensi, Antoni Yuzar : Perda Rawa Masih Mandul

Palembang, Detik Sumsel – Di kegiatan reses anggota DPRD Sumsel dapil Sumsel II yang meliputi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *