2024 Lahat Bakal Dilintasi Tol Trans Sumatera | Detik Sumsel
BNI"
Pimpinan proyek pembangunan tol trans Sumatera saat pemaparan dengan Bupati Lahat. Foto Heru/DS

2024 Lahat Bakal Dilintasi Tol Trans Sumatera 

Lahat, Detik Sumsel — Tahap pembangunan tol trans Sumatera Indralaya – Muaraenim – Lahat-Lubuk Linggau-Bengkulu, segera dimulai. Catatan PT Hutama Karya (HK), yang mengerjakan pembangunan proyek nasional itu. Ada 12 desa yang berada di 5 kecamatan atau sepanjang 60 kilometer, bakal jadi ruas jalan tol tersebut.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH pun merespon baik dimulainya pembangunan jalan ton tersebut. Menurutnya, apa yang dibutuhkan dalam pembangunan, Pemkab Lahat siap membantu. Keberadaan ruas tol itu nanti, akan memberikan efek positif bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Akan memangkas jarak tempu begitu singkat.

“Untuk survey, kalau dibutuhkan pendamping, ada camat dan kades,” tegas Cik Ujang, Rabu (15/5).

Ditergetkan ruas jalan tol dengan panjang 330 kilometer ini, akan rampung 2024 mendatang. Hanya saja, pintu masuk tol akan berada di Kecamatan Merapi Timur. Sebab wilayah tersebut, merupakan wilayah terdekat antar ruas tol dengan jalan nasional.

“Jadi dekat juga dengan Kotanya, Kabupaten Muara Enim. Selain itu banyak pemandangan indah kalau di Merapi,” ujarnya.

Pimpinan Proyek PT HK Hasan Tucahyo mengatakan, pembangunan tol trans Sumatera berbeda dengan tol di Pulau Jawa, yang sifatnya bisnis. Sedangkan pembangunan tol Sumatera, untuk penataan infrastruktur. Namun agar pembangunan berjalan lancar, dibutuhkan peran serta pemerintah.

“Sumatera ini akan dijadikan kiblat perekonomian wilayah barat. Keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Mulai dari survey kita butuh pendampingan dari pemerintah daerah,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Unsri Minta Perkara Yudisium tak Dikaitkan dengan Dugaan Pelecehan Seksual

Indralaya, Detik Sumsel- Pihak rektorat Universitas Sriwijaya (Unsri) akhirnya buka suara terkait salah seorang mahasiswi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *