4 Parpol Bersaing Dapatkan Dua Kursi DPR RI Setiap Dapil | Detik Sumsel
Pemprov
Quick count lembaga survei LKPI

4 Parpol Bersaing Dapatkan Dua Kursi DPR RI Setiap Dapil

Palembang,DetikSumsel – Caleg partai Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PDI-P bersaing untuk mendapatkan dua kursi di DPR RI  Dapil 1 dan Dapil 2  Sumatera Selatan pada pemilu legislatif  yang telah digelar 17 April 2019 lalu.

Keempat partai ini, memiliki potensi yang sangat besar dan bersaing untuk  membawa kader-kadernya duduk di senayan.

“Berdasarkan survei cepat (quick survey) yang kami laksanakan  dua hari menjelang hari pencoblosan yakni tanggal 15 April 2019 dan hitung cepat (quick count) internal yang juga kami laksanakan  pada hari pencoblosan, perebutan dua kursi di Dapil 1 DPR RI Sumatera Selatan adalah partai Gerindra, Golkar dan Nasdem. Sedangkan untuk dapil 2 DPR RI Sumatera Selatan adalah partai Golkar, PDI-P, Nasdem dan Gerindra. Potensi untuk mendapatkan dua kursi dari partai-partai tersebut bersaing ketat  dari data yang kami dapatkan,” ungkap Arianto, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen ( L K P I ), ketika ditemui awak media di kantornya, Minggu (27/4).

Menurut lembaga survei yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini, kuatnya  tarikan elektoral partai-partai tersebut  bersaing untuk mendapatkan dua kursi cukup beralasan. Misalnya di dapil 2, nama H. Alex Noerdin (Golkar) yang merupakan Gubernur  Sumatera Selatan dua periode memiliki tarikan elektoral yang besar  bagi pemilih. HJ. Percha Leanpury (Nasdem)  yang merupakan putri Gubernur Sumatera Selatan (H.Herman Deru)  juga mempunyai  tarikan elektoral  yang kuat di masyarakat. Demikian juga nama Yulian Gunhar dan Rayendra Erwin Moeslimin Singajuru (PDI-P) yang tak kalah kuatnya dalam menarik pemilih.

Dari beberapa survei Dapil DPRI RI, baik di Dapil 1 dan Dapil 2 Sumatera Selatan yang kami lakukan survei telah tiga kali dan satu quick survei (survei cepat), Secara elektabilitas partai politik, partai  Gerindra, Golkar, PDI-P dan Nasdem memiliki sentimen yang positif di masyarakat Sumatera Selatan. Secara teoritis, ini akan berpengaruh besar bagi caleg-caleg yang maju dari partai tersebut untuk terpilih menjadi anggota legislatif DPR RI 2019-2025.

Lebih lanjut pria yang sudah  sembilan tahun tergabung dalam Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menjelaskan, di partai Demokrat, nama Wahyu Sanjaya yang pada survei  cepat (quick survey) terakhir  yang digelar LKPI, nama Wahyu Sanjaya  cukup melejit elektabilitasnya di Dapil 2 DPR RI Sumsel. Berdasarkan data yang ada di LKPI saat ini, Wahyu Sanjaya  mempunyai kans yang besar untuk  melenggang kembali  ke  senayan.

“Di dapil 2 DPR RI Sumatera Selatan, data yang terekam  di LKPI  saat ini yang memiliki elektabilitas tinggi   adalah H. Alex Noerdin (Golkar), Wahyu Sanjaya (Demokrat), Hj.Percha Leanpury (Nasdem), Bertu Merlas( PKB), Ir.Sri Meliana (Gerindra)  dan Asri (Gerindra) masih bersaing ketat. Kemudian Moh.Iqbal Romzie (PKS), Yulian Gunhar (PDI-P) dan Rayendra Erwin Singajuru(PDIP) juga  masih bersaing ketat. Kemudian Hanna Gayatri (PAN) juga berpotensi besar lolos kembali ke Senayan,”jelasnya

“Untuk partai Golkar,PDI-P dan Nasdem   bersaing  untuk  mendapatkan dua kursi,”sambung lelaki yang masih menyimpan hasil quick count (hitung cepat) Pileg Sumatera Selatan ini dengan lantang.

Namun, ketika media menanyakan, partai Golkar  yang  paling berpotensi  mendapatkan dua kursi yakni H.Alex Noerdin   dan Bobhy Adhitio Rizaldi,  dengan tersenyum Iyan mengatakan, prediksi itu  memang cukup besar dibandingkan dengan partai lainnya.

Untuk di Dapil 1 DPR RI Sumatera Selatan,  mantan auditor survei penjaringan konvensi capres partai Demokrat Sumatera ini lebih lanjut mengatakan, nama-nama  Edy Prabowo (Gerindra) dan Eddy Santana Putra (Gerindra) berpotensi besar untuk terpilih sebagai legislatif di senayan. Selanjutnya nama Hj. Lury Elza Alex Noerdin (Golkar) dan Kahar Muzakir (Golkar),  Ir.H. Ishak Mekki (Demokrat), Mustafa Kamal (PKS), Ir.Achmad Hafizs Tohir (PAN) juga berpeluang besar akan duduk di kursi senayan mendatang. Sementara Ir.Sarimuda (Nasdem), Hj.Maphilinda Syahrial Oesman dan Fauzih H Amro (Nasdem) masih bersaing ketat dalam perolehan suara tertinggi. Demikian juga dengan Darmadi Djufri (PDI-P) dan Riesky Aprilia (PDI-P), masih bersaing ketat untuk melaju ke senayan.

Ketika media menanyakan bahwa nama-nama yang sudah “aman” angkanya untuk melengang ke senayan adalah Hj. Lury Elsa Alex Noerdin (Golkar), Ir. Ishak Mekki (Demokrat), Edhy Prabowo (Gerindra), Edhy Santana Putra (Gerindra), Ir. Sarimuda, MT (Nasdem), Mustafa Kamal (PKS), Darmadi Djufri (PDI-P) dan Ir.Achmad Hafizs Tohir (PAN),  lelaki yang dulunya juga pernah menjabat  area kordinator Cyrus Surveyor Groups (CSG) Sumatera ini menjawab, kemungkinan besar, itulah nama yang akan terpilih di DPR RI Dapil 1 Sumatera Selatan.

“Data yang kami miliki saat ini, kami melihat Gerindra akan mendapatkan dua kursi, sementara partai  Golkar, PDI-P, Demokrat, PKS, PAN, Nasdem masing-masing akan mendatakan satu kursi,”ungkapnya

“Namun, semuanya akan kita serahkan dengan perhitungan akhir dari KPUD Sumatera Selatan nantinya karena itulah yang resmi. Tapi berdasarkan pengalaman kami yang telah melakukan survei-survei sebelumnya dan hitung cepat (quick count), biasanya angkanya tidak akan jauh beda,tandasnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Oknum Polwan Berpangkat AKBP Diduga Keroyok Warga Sipil, Ini Tanggapan Kapolda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto menanggapi laporan masyarakat yang telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *