72 Hektar Sawah di Lahat Terancam Puso, Dewan Akan Carikan Solusi | Detik Sumsel
Pemprov
Anggota DPRD Lahat, Balkisri saat mendampingi warga menemui Wakil Bupati Lahat. Foto Heru/DS

72 Hektar Sawah di Lahat Terancam Puso, Dewan Akan Carikan Solusi

Lahat, Detik Sumsel — Hujan yang hanya sekedar lewat sepekan lalu, rupanya mala membuat petani di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat, jadi galau. Akibat sudah lama kemarau, lalu turun hujan, rupanya membuat tekstur tanah sekitar Curup Ganam menjadi labil. Hingga merusak saluran irigasi ke sawah warga.

Alhasil diperkirakan, hamparan sawah dengan padi berusia 1-2 bulan seluas 72 hektar, terancam Puso alias gagal panen. Warga yang tidak ingin mengalami merugikan besar, bergotong royong memperbaiki irigasi secara swadaya, yang amblas mencapai 25 meter itu.

“Sekitar 10 hari lalu (amblas). Sudah coba kami perbaiki, belum masih mampu mengalirkan air kembali ke sawah,” kata Herdianto, perangkat Desa Tanjung Baru, Rabu (2/10).

Warga pun mencoba usaha lain, dengan malaporkan bencana alam itu sampai ke Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA. Dengan harapan persoalan yang dihadapi masyarakat, segera tuntas.

“Camat sudah ada turun ke lokasi. Mudah-mudahan cepat ditangani,” harapnya.

Sementara, anggota DPRD Lahat, Balkisri mengatakan, ia sudah mendapat informasi itu. Bahkan, dirinya sudah mendampingi perwakilan warga untuk menyampaikan masalah itu ke Pemkab Lahat.

“Insyah Allah cepat diperbaiki. Kami sebagai wakil masyarakat dari sana, akan mendampingi, kita carikan solusinya,” ujar politisi Demokrat ini. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

TP PKK OKI Gelar Baksos Operasi Bibir Sumbing Gratis 

Kayuagung, Detik Sumsel-Dalam rangka memperingati hari jadi OKI ke 76, TP PKK OKI bersama Pemkab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *