80 Persen Pasien Covid di Lahat yang Meninggal Belum Divaksin | Detik Sumsel
Pemprov
Pemakaman pasien covid-19 di Lahat, foto istimewa.

80 Persen Pasien Covid di Lahat yang Meninggal Belum Divaksin

Lahat, Detik Sumsel – Kepala Dinas Kesehatan Lahat, Taufik M Putra SKM Mkes, melalui Kabid P2P, Aiwa Marlina SKM MM, disampaikan Kasi Surveilans, Salmastuti membeberkan, angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Lahat menyentuh angka 151 orang. Didominasi dengan pasien usia lanjut usia, diusia 50 tahun keatas.

“80 persen pasien covid-19 yang meninggal belum melakukan vaksinasi Covid-19. Kita imbau bagi warga yang belum lakukan vaksinasi, segeralah vaksinasi, ini untuk kesehatan bersama,” sampai Salmastuti, Rabu (18/8).

Sementara, RSUD Lahat mencatat, jumlah pasien positif dengan penyakit penyerta (Komorbit) pada bulan Juli 2021 secara harian, rata-rata sebanyak 4-5 pasien yang di rawat. Sementara jumlah pasien sembuh bervariasi, mulai 3 hingga 6 orang perharinya. Pasien yang meninggal dunia mencapai 56 kasus.

“Kebanyakan pasien Covid-19 yang meninggal dunia karena faktor Komorbit, ditambah lagi pasien terlambat datang ke RSUD,” terang Kepala Instalasi Hukum, Humas dan Informasi RSUD Lahat, Fery Agustiansyah. Himbauan pasien untuk segera datang ke rumah sakit sudah sering disampaikan, namun mau atau tidaknya pihak RSUD tidak bisa memaksa.

Disinggung pasien yang meninggal dunia, apakah mayoritas tercatat sudah di vaksin ?. Fery menjelaskan, pihaknya belum memiliki data tersebut, karena hal itu ditentukan melalui diagnosa dari dokter.

“Jika dari analisa, kebanyakan belum divaksin. Karena yang wafat rata-rata berumur 60 tahun keatas dan mempunyai gejala Komorbit seperti ginjal, asma, pneumonia, jantung, diabetes serta ditambah Covid-19,” jelasnya.

Update Covid-19 Lahat per 18 Agustus 2021, suspek ODP+PDP jumlah 1.651 orang proses 2 orang, kontak erat jumlah 5.198 orang proses 31 orang, probable jumlah 26 orang, sedangkan konfirmasi positif jumlah 2.503 orang, meninggal 151 orang, sembuh 2.312 orang dan dalam proses 40 orang.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *