80 Warga Diberi Sanksi Tipiring | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

80 Warga Diberi Sanksi Tipiring

Muara Enim, Detik Sumsel – Sebanyak 80 orang warga yang melintas di wilayah Tanjung Enim dan kecamatan Ujanmas tepatnya di jalan lintas Sumatera terjaring razia penegakan Perda. Razia gabungan yang dilakukan oleh Tim Yustisi kabupaten Muara Enim ini digelar di tiga tempat yaitu di kecamatan Lawang Kidul, Ujanmas, dan Muara Enim kota selama tiga hari yang dimulai sejak 19-21 Maret 2019.

Kasi Penegakan Perda Andris sat pol PP Muara Enim menerangkan razia yang digelar sejak dua hari in akan dilangsungkan selama tiga hari dengan tujuaan untuk melakukan penegakan peraturan daerah.

“Razia gabungan Tim Yustisi ini kita lakukan selama tiga hari yang difokuskan di tiga kecamatan dalam wilayah kota yaitu Lawang Kidul, Ujanmas, dan Muara Enim kota dengan sasaran warga yang tidak memiliki KTP El dan pajak kendaraan bermotor dengan tujuaan sebagai bentuk penegakan peraturan daerah (perda),”terang Kasat Pol PP Musadek melalui Kasi Penegakan Perda Andris.

Lanjut Andris selama dua hari dilaksanakannya razia ini telah berhasil melakukan penjaringan terhadap 80 warga yang tudak memiliki ataupun membawa KTP saat berpergiaan.

“Pada dasarnya KTP itu merupakan identitas pribadi yang tak dapat dipisahkan pada diri kita. Apa lagi didalam perjalanan. Maka dari itu sebanyak 20 warga yang terjaring razia di kecamatan Lawang Kidul telah dilakukan sudang Yustisi dan di kecamatan Ujanmas sebanyak 60 orang,”lanjutnya.

Masih kata Aris dengan adanaya sejumlah warga yang terjaring razia ini langsung diberikan tindakan oleh Tim Yustisi dengan berupa sidang ditempat.

“Tindakan dilakukan terhadap para pelanggar adalah sidang tindak pidana ringan (Tipiring), sesuai dengan perda yang ada berupa denda uang sebesar Ro.50 ribu. Sedangkan yang tidak memiliki KTP el maka harus membuat pernyataan bahwa akan segera mengurus KTP,” kata Andris.

Lebih lanjut Andris menerangkan sampai saat ini pihaknya masih maklum dengan kenyataan yang ada, karena masih ada masyarakat belum memiliki KTP,”ujarnya.

Selain razia KTP El yang berhasil mengamankan 80 warga tidak memiliki KTP, Samsat Muara Enim juga berhasil mengamankan 40 unit pengendara yang buat surat pernyataan.

Adapin Tim Yustisi yang dibentuk terdiri dari Yustisi Denpom, Pom, Kodim, Polres Halim, jaksa, UPT. Samsat, Kemenkumham, Dishub, dan Dukcapil Muara Enim.(ndi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT ke-21, Periksa BA Santuni Panti Asuhan dan ODGJ

Muaraenim, Detik Sumsel- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke 21,tahun 2021, Persatuan Istri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *