999 KPM di Lahat Mundur dari PKH | Detik Sumsel
Detik
Ilustrasi

999 KPM di Lahat Mundur dari PKH

Lahat, Detik Sumsel – Sebanyak 999 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lahat, mundur dari kepesertaan selama masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Alasannya karena banyak KPM yang sukses membangun usaha dan mandiri. Selama pandemi Covid-19, mereka tetap bertahan menjalankan usaha yang mereka tekuni, sehingga memutuskan graduasi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Ekman Mulyadi Ssos, melalui Koodinator PKH Kabupaten Lahat, Dani menjelaskan, faktor KPM mundur salah satunya karena memang graduasi sejahtera, atas kemauan sendiri keluar dari kepersertaan PKH. Sementara graduasi alamiah seperti non kompenan, Ibu hamil, kesehatan, pendidikan. “Atas kemauan sendiri ada 223 KPM, graduasi alamiah sebanyak 776 KPM,” ujarnya, Kamis (6/1).

Menurutnya, pada data terakhir tahap IV ada 19.208 KPM aktif penerima PKH di Bumi Seganti Setungguan, dan dari total tersebut juga termasuk jumlah penambahan KPM yang baru sebanyak 1508 KPM. “Data terkahir 19.208 termasuk penambahan KPM baru pada tahap III, sementara penambahan tahap IV tahun 2021 belum ada,” ujarnya.

Menurutnya, penerima bantuan PKH berbeda beda. Jadwal penyaluran dari pusat tahap I pada bulan Januari, tahap II bulan April, tahap III bulan Juli dan tahap IV pada bulan Oktober. Sementara pendamping PKH saat ini ada sebanyak 80 orang. “Pendamping PKH ada yang merupakan operator, dan pendampinganya tersebar di Kabupaten Lahat,” ujarnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *