Ada Bantuan Dana BOS Daerah, Sekolah Harus Take And Give

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Lahat, Detik Sumsel — Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang-Haryanto, namaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lahat. Buktinya, selain mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat, sekolah tingkat SD dan SMP di Lahat juga mendapatkan kucuran Bantuan Operasional Sekolah Daerah alias BOSDA.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, Suhirdin mengungkapan, selain mendapatkan dana BOS dari pusat sebesar Rp 1.100 per siswa untuk tingkat SMP dan Rp 900 untuk tingkat SD pertahunnya. Ada juga dana BOSDA dari pemerintah daerah untuk SD Rp 30, SMP Rp 40 ribu selama setahun.

“BOSDA itu dikelola langsung oleh pihak sekolah. Pencairan masih dilakukan secara bertahap, selama empat kali setahun. Digunakan untuk kegiatan di luar dari dana BOS,” ungkapnya.

Kasubag Perencanaan Keuangan dan BMD, Hasperi Susanto SPd MM menambahkan, BOSDA tersebut merupakan kebijakan Bupati Lahat, untuk membantu dunia pendidikan di Lahat. Tujuannya agar siswa tidak lagi dibebani soal biaya, membantu kesejahteraan guru honor dengan tambahan honor Rp 200.000 perbulan, mulai dari TK,SD, dan SMP.

“Penggunaan dana BOSDA ini tidak boleh tumpang tindih dengan dana BOS. Bisa digunakan seperti untuk kegiatan extrakulikuler,” ujar Hasperi.

Selain itu, kata Hasperi, Bosda telah terealisasi sejak Januari 2019 lalu. Untuk itu pihaknya mengharapkan ada Take and Give, dari pihak sekolah. Kepala sekolah harus menjalankan operasional sekolah dengan baik, dan sekolah harus menunjukkan kualitas maupun mutu yang baik.

“Selain kami (Disdik red), pengawasan tentu tidak luput dari pihak terkait (Inspektorat red). Jadi harus hati hati dalam menjalankannya,” kata Hasperi. (heru).

Komentar