Ada Pangkalan Elpiji 3 Kg Nakal, Lapor Pertamina Call Center 135 | Detik Sumsel
Pemprov
Petugas Pertamina saat memberikan layanan LPG pada konsumen
Petugas Pertamina saat memberikan layanan LPG pada konsumen (istimewa)

Ada Pangkalan Elpiji 3 Kg Nakal, Lapor Pertamina Call Center 135

Palembang, Detik Sumsel – Tahukah Anda bahwa jalur distribusi resmi Pertamina untuk elpini 3 kg bersubsidi adalah hanya di agen dan pangkalan.

Masyarakat harus mengetahui tempat untuk membeli elpiji 3 kg bersubsidi yang harga jualnya sesuai dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah daerah setempat atau Harga Eceran Tertinggi (HET) hanya di pangkalan.

Sedangkan warung tanpa plang penanda resmi (pengecer) bukanlah termasuk distribusi resmi elpiji 3 kg. Terkadang masih banyak dari kita yang menganggap warung atau pengecer itu termasuk sebagai tempat resmi penjualan elpiji 3 Kg bersubsidi, di mana harga jual LPG tersebut terkadang jauh lebih tinggi dari HET.

Untuk itu Pertamina mengimbau masyarakat, untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina. Untuk wilayah Sumbagsel, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II telah menyediakan lebih dari 15 ribu pangkalan resmi yang menjual tabung LPG 3 Kg bersubsidi.

Region Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf mengatakan pangkalan resmi elpiji 3 kg bersubsidi memiliki ciri-ciri di lokasi penjualan ada plang penanda yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi, HET, dan informasi nama agen serta informasi call center.

“Jika pangkalan ini menjual elpiji 3 kg di atas HET atau ada tindakan kecurangan, masyarakat dapat melaporkan melalui Pertamina Call Center 135, sehingga Pertamina melalui Agen dapat melakukan tindakan atau sanksi yang tegas. Namun, jika yang menjual harga yang jauh lebih tinggi dari HET adalah warung atau pengecer, kami tidak dapat melakukan penindakan karena warung atau pengecer bukan jalur distribusi resmi elpiji 3 kg Pertamina,” jelas Rifky melalui rilisnya pada detiksumsel.com, Rabu (27/05).

Rifky mengatakan, dengan membeli elpiji 3 kg bersubsidi di pangkalan resmi, masyarakat dapat memastikan keaslian tabung maupun isinya sehingga lebih terjamin keamanannya.

Selain itu konsumen pengguna elpiji 3 kg bersubsidi telah ditentukan oleh peraturan pemerintah, di mana yang berhak menggunakan tabung elpiji 3 kg bersubsidi adalah masyarakat kurang mampu dengan angka pendapatan paling tinggi Rp 1,5 juta per bulan serta Usaha Mikro (UM) dengan nilai kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta serta memiliki hasil penjualan (omset) paling banyak Rp 300 juta setahun.

“Pertamina mengajak masyarakat untuk turut mendukung program pemerintah elpiji 3 kg bersubsidi agar tepat sasaran. Bagi masyarakat mampu dapat membeli varian elpiji nonsubsidi yang telah disiapkan oleh Pertamina, yaitu Bright Gas yang memiliki teknologi double spindle valve (katup ganda) yang membuat penggunaan LPG lebih aman lagi,” tutup Rifki.(ril/may)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PPKM di Perpanjang Lagi, Penumpang Pesawat Wajib PCR

Palembang, Detik Sumsel – Perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 1 November mendatang, …

6 comments

  1. Gas LPG di kabupaten Enrekang 30.000.

    • Di kabupaten lahat sekarang gas LPG 3kg mulai langka karena banyak pangkalan nakal yang menjual gas LPG 3kg ke kabupaten lain

      • Kami di Kelurahan Kenali Asam Atas Kecamatan Kota Baru Kota Jambi, di Pangkalan dengan nama pemilik NUR AINI, beliau lebih mementingkan pembeli yg bukan pemegang kartu, kemungkinan bisa dijual dengan harga yg lebih tinggi.
        Dan sudak banyak juga keluhan dr pembeli lain dikarenakan pelayanan yang sangat jelek, terlalu kasar.
        Mohon ketegasan dr pihak pertamina dan pemerintah.

  2. Kami di Rt 13 sei bilal tidak di layani menukar tong gas di Rt sendiri mohon ketegasanya

  3. Di D/s melungun ratu .kec Sungkai tengah. kab Lampung Utara. ada agen yang nakal menjual dengan harga 25 ribu secara eceran.dan untuk warung menjual’ dengan harga 30 rb.di karenakan setiap warung cuma di kasih 3biji tabung gas elpiji.itupun 2minggu baru ada tolong di tindak lanjuti laporan ini

  4. Harga elpiji di Lampung Barat Rp28.000/tabung 3kg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *