Ajak Mahasiswa Redam Konflik Pasca Pemilu | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Ajak Mahasiswa Redam Konflik Pasca Pemilu

Palembang, Detik Sumsel- Kelompok Cipayung yang ada di Kota Palembang menggelar Bincang Kebangsaan dengan tema Rekonstruksi Kebhinekaan, Pascapesta Demokrasi di Guns Café Palembang, Sabtu (27/4) sore.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam berbagai organisasi mulai sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), IKPM OKUT, Ampati, Himpunan Mahasiswa Muara Enim dan lain sebagainya.

Salah satu pemateri kegiatan Cendikiawan Muslim dari kampu Uinversitas Islam Negeri Raden (UIN) Raden Fatah Palembang, Muhammad Adil mengatakan, penahaman dasar nilai kebhinekaan, kebangsaan dan agama yang dimiliki mahasiswa sudah cukup mumpuni.

“Kelompok cipayung sebagai organisasi mahasiswa ikut turut andil dalam menyejukkan suasana politik pascapemilihan umum kemarin. Saya kira, pemahaman dasar terkait nilai kebhinekaan, kebangsaan dan agama sudah sangat mumpuni,” ungkapnya.

Kepala Prodi Strata 3 Peradaban Islam UIN Raden Fatah ini mengungkapkan, keberadaan kelompok cipayung di Kota Palembang sangat strategis dalam berperan meredamkan potensi konflik pascapemilihan ini.

“Mereka (kelompok cipayung, red) ini memiliki mahasiswa yang cukup besar di kampus. Dengan sikap seperti ini, mereka bisa ikut menyejukkan di level mahasiswa. Dengan begitu, potensi konflik di kalangan mahasiswa bisa diredam dan lebih dewasa menyikapi proses demokrasi yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Sumatera Selatan, agus Herman Tanjung mengatakan, Bincang Kebangsaan dilatarbelangi adanya proses politik yang menjadi perbincangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Walaupun pencoblosan sudah usai, namun perbincangan tetap ada. Untuk itulah, lewat dialog ini kami ingin menyampaikan pesan agar bersabar dalam menunggu keputusan KPU. Dan tetap legowo meski pendukungnya belum berhasil,” ucapnya.(tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jalin Komunikasi, Renny Terima Banyak Laporan dari Dinas Pertanian Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Agar koordinasi dan komunikasi berjalan dengan baik dengan Dinas Pertanian pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *