Ajak Pelajar Kembangkan Potensi Maritim Melalui Pelayaran Lingkar Nusantara | Detik Sumsel
Pemprov
Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Markos SE berfoto bersama dengan para pelajar usai pembukaan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke 10 tahun 2021 di kampung Bahari Nusantara Lanal Palembang

Ajak Pelajar Kembangkan Potensi Maritim Melalui Pelayaran Lingkar Nusantara

Palembang, Detik Sumsel — Lanal Palembang salah satu Lanal yang ada di Indonesia dipercaya menyelenggarakan kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke 10 tahun 2021. Kegiatan ini diikuti ratusan pelajaran yang dipusatkan di Kampung Bahari Nusantara Lanal Palembang yang dibuka langsung oleh Kepala dinas potensi maritim TNI AL (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos SE Senin (27/9/2021).

Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Markos SE menuturkan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) merupakan program TNI AL yang diselenggarakan setiap tahun. Semestinya kegiatan ini di start dari Jakarta menggunakan kapal TNI AL keliling menuju titik yang sudah direncanakan.

“Karena masih dalam pandemi covid 19, sehingga Pelantara ke 10 ini hanya dilaksanakan di lima Lanal saja salah satunya di Lanal Palembang, Bangka Belitung, Cirebon, Tegal dan Manado,”katanya kepada wartawan.

Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Markos SE menyerahkan bantuan peralatan kebersihan kepada anggota Saka Bahari usai membuka kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke 10 di kampung Bahari Nusantara Lanal Palembang

Dikatakan Markos, Pelantara ini sendiri kegiatan yang membangun karakter building bagi para pelajar khususnya didunia kemaritiman di Indonesia.

“Pembinaannya para pelajarnya dilakukan secara terstruktur. Lanal Palembang masuk lima besar dalam kegiatan Perantara ini tentunya dibawah binaan langsung dari Danlanal Palembang sebagai pembina lapangan,”katanya lagi.

Yang paling penting kata Markos dalam kegiatan Pelantara ini untuk membangun mental remaja. Karena saat ini diketahui kemajuan teknologi sangat pesat. Kalau mental remaja tidak kuat menghadapinya akan mendapat dampak negatif dari kemajuan teknologi itu sendiri.

“Kalau mental kita kuat mudah mudahan sepesat apapun kemajuan teknologi bisa kita hadapi apa yang diharapkan orang tua kepada anaknya dapat diwujudkan,”bebernya.

Untuk potensi maritim di Sumsel sendiri Markos menilai sangat menjanjikan panjang nya sungai Musi yang bermuara ke Pagaralam menyimpan kekayaan yang sangat melimpah dari zaman nenek moyang terdahulu sampai sekarang potensi di Sumsel tidak hanya ada di potensi maritim nya saja namun di daratan tidak kalah melimpah.

“Mudah mudahan potensi yang ada di Sungai Musi bisa dipertahankan bila perlu ditingkatkan karena jika lingkungan rusak otomatis untuk generasi yang akan datang tidak bisa menikmatinya. Mari kita jaga kekayaan potensi maritim yang ada di Sumsel dan Indonesia pada umumnya,”tandasnya.

Sementara itu, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari menambahkan dipilihnya Lanal Palembang salah satu penyelenggara kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) karena pimpinan melihat adanya kampung bahari Nusantara binaan Lanal Palembang.

“Dikampung bahari Nusantara ini ada lima klaster salah satunya klaster pertahanan dan keamanan. Tujuan dan visinya hampir sama dengan saka bahari yakni bagaimana menumbuhkan karakter building para pelajar,”katanya.

Dengan adanya kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara ini akan timbul rasa kecintaan terhadap maritim. Karena diketahui bersama Palembang dialiri sungai Musi yang panjang nya hampir 750 Kilometer. Sayang sekali kalau potensi ini tidak menimbulkan semangat cinta terhadap maritim yang ada ini.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Kunjungi Sentra Usaha Kretif di Palembang, Sandiaga Uno Ungkap Dua Program Kemenparekraf

Palembang, DetikSumsel – Dalam kunjungan ke Palembang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *