AKN Disetop, PSDKU Belum Tahu Kapan Dimulai | Detik Sumsel
BNI"
Direksi UNP saat audiensi dengan Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA. Foto Heru/DS

AKN Disetop, PSDKU Belum Tahu Kapan Dimulai

Lahat, Detik Sumsel — Maraknya pemberitaan di media masa terkait tutupnya Akademi Komunikasi Negeri (AKN) Lahat, rupanya membuat pimpinan Universitas Negeri Padang (UNP) selaku induk dari AKN Lahat, sedikit gerah. Guna meluruskan hal tersebut, direksi UNP lakukan audiensi bersama Wakil Bupati Lahat.

Bambang Heriadi, Koordinator Program Dikuar Domisili UNP menerangkan, kondisi yang dialami AKN Lahat juga dialami seluruh AKN di Indonesia. Menurutnya kebijakan pemerintah pusat ini diambil bukan untuk memberhentikan program AKN, karena dianggap terlalu lama untuk menjadi universitas. Melainkan dialihkan menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

“AKN bukan diberhentikan, tapi dialihkan menjadi PSDKU, agar nantinya bisa jadi ada perguruan tinggi di Kabupaten Lahat,” terang Bambang, diruang kerja Wakil Bupati Lahat, Jumat (9/8).

Bambang membenarkan, AKN Lahat tahun ini sudah tidak menerima mahasiswa baru. Sedangkan untuk dimulainya PSDKU masih belum diketahui, tergantung dari cepat atau lambatnya pengesahan. Namun pihaknya berharap, diawal tahun 2020 PSDKU sudah bisa dijalankan.

“Kita lihat animo masyarakat dulu, jika animonya tinggi jelas akan lebih cepat, jadi tidak bisa ditargetkan. Sedangkan untuk sarana prasarana, kita koordinasikan dulu sama Pemkab Lahat,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA menurutkan, Pemkb Lahat akan mengkaji lagi secara matang, supaya saat PSDKU ini dibuka tidak ada lagi hambatan. Baik itu sarana prasarana, maupun program study nya. Bila perlu nanti dikolaborasikan dengan STIE Serelo dan STIT Lahat.

“Ada Universitas Lahat, kenapa tidak. Kita juga harus mengutamakan akses pendidikan, bagi masyarakat yang terbatas. Jadi  nanti tidak ada lagi anak Lahat yang tidak kuliah, dengan alasan biaya mahal kuliah di tempat orang,” sampai Haryanto. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Dijadikan Tersangka Aditya Oknum Dosen Unsri Ini Ditahan 20 Hari Kedepan

Palembang, Detik Sumsel — Setelah diperiksa hampir sembilan jam. Penyidik Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *