Aktivitas Pasca Panen dan Keinginan Warga Tamansari | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Aktivitas Pasca Panen dan Keinginan Warga Tamansari

Pati, Detik Sumsel — Aktifitas warga Dusun Pandaan Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Timur saat jemur hasil panen raya padi di halaman rumah memiliki kesan tersendiri dan merupakan pemandangan yang kental dengan nuansa kehidupan pedesaan. Minggu (17/06/2021).

Desa Tamansari ketempatan dengan Program TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati. Warga masyarakat Tamansari mata pencaharian sebagai petani sawah. Lahan persawahan ada di pinggir desa yang lumayan agak jauh dengan rumah.

Maryati Salah satu warga yang menjemur padi hasil panennya mengungkapkan “Kendati pemandangan seperti ini menunjukkan nuansa pedesaan yang kental, namun warga masyarakat Tamansari berharap agar pemerintah bisa membuatkan lantai jemur padi tersendiri di desa itu, mengingat proses penjemuran padi yang kini dilakoni warga, dinilai rentan dari gangguan hewan ternak, seperti ayam dan burung.

Baca Juga :   Warga Kedungsari Semakin Nyaman dengan Adanya TMMD 107

“Untuk mengantisipasi padi yang dijemur dari dimakan ayam atau burung dan hewan lainnya selama penjemuran, kaum ibu bergantian menjaganya dari pagi hinga siang. Biasanya, siang hari anak-anak sudah pulang sekolah jadi bisa gantian menjaganya,” tuturnya.

Dikatakannya, hasil panen padi masyarakat ini, merupakan budidaya lokal masyarakat secara swadaya, yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Penanaman padi darat biasanya mulai dikerjakan pada sekitar di awal bulan Februari dan dipanen pada sekitar bulan Juni.

“Kami meminta kepada pemerintah, untuk bisa membuat lantai jemur di desa kami guna mengantisipasi padi dari gangguan hewan selama proses penjemuran.” Pungkasnya

Baca Juga :   Kehadiran Pangdam IV/Diponegoro dan Kapolda Jateng Disambut Siswa SD dan Warga Ketapang
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pemerintah Targetkan 500 Ribu Testing per Hari untuk Mengendalikan COVID-19

Jakarta, Detik Sumsel- Menyusul pengumuman perapan perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah menegaskan bahwa perkembangan virus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *