Aktivitas Perusahaan Tambang Batubara Pemicu Banjir Lumpur di Desa Arahan | Detik Sumsel
BNI"
Tampak sawah warga digenangi lumpur aktifitas penambangan batubara. Foto Istimewa

Aktivitas Perusahaan Tambang Batubara Pemicu Banjir Lumpur di Desa Arahan

Lahat, Detik Sumsel — Bukannya membawa berkah, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lahat sejak Selasa (17/12) malam. Malah jadi petaka bagi warga Desa Arahan, Kecamatan Merapi Timur, Lahat. Pasalnya sawah dan rumah milik warga setempat bukannya direndam air tapi mala direndam lumpur.

Setidaknya ada 10 rumah dan satu sawah milik warga terendam lumpur. Warga menuding, petaka yang baru pertama dialami ini, merupakan lumpur yang berasal dari aktifitas tambang batubara di hulu desa. Yakni PT Golden Great Borneo, dan PT Banjarsari Pribumi.

Seperti yang diutarakan Sulastri, warga Desa Arahan. Seperempat hektar sawah miliknya, kini terendam lumpur. Rencana untuk menanam padi terancam gagal. Dikatakan Sulastri, ia dan warga desa lainnya menduga lumpur tersebut berasal dari perusahaan tambang.

“Selama ini meski hujan deras, tidak pernah ada lumpur. Kalaupun banjir itu cuma air, bukan lumpur. Darimana lagi asal lumpur ini, kalau bukan dari sisa kerukan tambang,” ujarnya, Rabu (18/12).

Kepala Desa Arahan, As’ar Mustopa membenarkan, ada sekitar 10 rumah yang dilaporkan terendam lumpur dan satu bidang sawah. Dirinya juga sudah lakukan pengecekan. Selain merugikan aktifitas warga, lumpur juga mengotori rumah dan merusak alat elektronik warga.

“Lumpur juga merendam Mes BSS dan warung Joni, akibatnya barang jualan seperti pupuk basah semua. Sejauh ini diduga dari dua perusahaan, tapi kini sedang dipastikan,” kata As’ar.

Sementara, General Manager PT GGB, Erwin Mulyanto menuturkan, pihaknya tengah melakukan investigasi di lapangan, terkait adanya lumpur tersebut.

“Jika memang dari kita (Perusahaan PT GGB), akan segera kita perbaiki agar jangan tambah parah,” tuturnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Danrem Gapo Ikut Rakor Jumlah Final Operasi PPKM dan Vaksinasi

Palembang, Detik Sumsel — Komandan Korem (Danrem) 044 / Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *