Aktivitas PT BP Cemari Lahan Warga | Detik Sumsel
Pemprov
Pihak DLH Lahat lakukan verifikasi di lokasi yang dilaporkan, dijepret beberapa waktu lalu. Foto Istimewa.

Aktivitas PT BP Cemari Lahan Warga

Lahat, Detik Sumsel – Lahan warga di Kecamatan Merapi Timur, kembali alami pencemaran lingkungan dampak dari aktifitas tambang batubara. Kali ini menimpa lahan milik Imanullah, yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. Saat ini lahan seluas 4 hektar milik Imanullah, tergenang air dan sedimen akibat kegiatan aktivitas pertambangan PT Banjarsari Pribumi (BP). Menyebabkan tumbuhan kayu pada area yang terkena dampak menjadi mati.

Reza Khaidir SH, selaku kuasa hukum Imanullah menerangkan, perihal kerusakan lahan akibat limbah dari aktifitas pertambangan PT BP, sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat. Bahkan Jumat (11/7) lalu, pihak DLH Lahat telah lakukan verifikasi langsung ke lapangan.

“Ada 3 lokasi yang terkena dampak. Masing-masing lokasi kondisi kerusakannya berbeda-beda. Lokasi pertama seluas 2 hektar, lokasi kedua ¼ hektar, lokasi ketiga sekitar seluas 300 meter,” terang Reza Khaidir, Rabu (1/9).

Reza membeberkan, untuk lokasi pertama dibagian Hulu Sungai Gegas telah tergenang air dan sedimen akibat kegiatan PT BP, menyebabkan tumbuhan kayu pada area yang terkena dampak menjadi mati. Pada lokasi kedua, dampaknya berupa genangan air, menyebabkan tumbuhan kayu pada area yang tergenang menjadi mati. Lokasi ketiga, telah digunakan oleh PT BP untuk Settling Fond atau Kolam Pengendap Lumpur (KPL) seluas + 300 M.

“Kita menuntut tindakan tegas, karena hingga saat ini belum ada tindakan apapun di lokasi yang dilaporkan. Upaya lain seperti ganti rugi kepada kliennya juga belum ada,” ujar Reza.

Pelaksanaan verifikasi pengaduan oleh pihak DLH Lahat, beserta temuan fakta-fakta telah diketahui dan dibenarkan oleh pihak pelapor dan PT BP.

“Terkait hal itu sudah diverifikasi, PT Banjarsari pribumi sudah diberikan sanksi, berupa sanksi administratif,” sampai Kabid Penataan dan Penaatan PPLH DLH Lahat, Eddy Suroso, St, Msi, beberapa waktu lalu. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Merasa Terancam Saat Didatangi dan Ditantang Berkelahi, Joko Polisikan CN

Palembang, Detik Sumsel — Karena merasa dirinya terancam Joko (34) warga komplek Taman Bukit Raflesia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *