Alpian Maskoni : Sampah Bisa Dukung Sektor Pertanian dan Industri | Detik Sumsel
BNI"
Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni saat meresmikan pengoperasian Tempat Pembuangan Sementara (TPS), Reduce, Reuse, Recycle (3R), bertempat di Dusun Talang Sawah, Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagar Alam Utara

Alpian Maskoni : Sampah Bisa Dukung Sektor Pertanian dan Industri

Pagaralam, Detik Sumsel- Guna mengatasi masalah sampah yang kerap dikeluhkan warga, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menjadikan masalah sampah sebagai program 100 hari kerja.

Hal ini sejalan dengan Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat, terbukti dengan adanya bantuan pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS), Reduce, Reuse, Recycle (3R) disejumlah kecamatan di Pagaralam.

Hal ini bertujuan agar sampah rumah tangga tidak hanya menjadi sampah saja namun bisa kembali diolah menjadi bahan berguna seperti pupuk kompos hingga kerajinan tangan.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni saat meresmikan pengoperasian Tempat Pembuangan Sementara (TPS), Reduce, Reuse, Recycle (3R), bertempat di Dusun Talang Sawah, Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagar Alam Utara, Jumat (5/11) mengatakan, bahwa sampah bisa kembali dijadikan sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

“Jika selama ini sampah hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi, namun dengan adanya TPS 3R ini maka sampah bisa kembali diolah menjadi bahan yang bermanfaat,” ujarnya.

TPS 3R menjadi tempat pengolahan sampah yang bisa dijadikan pupuk kompos serta bahan kerajinan tangan.

“Jika semua TPS 3R yang dibangun baik melalui dana kementrian maupun dana DAK berjalan dengan baik, maka sektor pertanian kita akan terbantu dengan adanya pupuk kompos yang diproduksi oleh TPS 3R itu sendiri,” katanya.

Jadi sampah bisa dimanfaatkan untuk mendukung sektor andalan Kota Pagaralam yaitu sektor pertanian serta perekonomian kreatif lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pagaralam Erwin menambahkan, TPS 3R merupakan program kerja Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain bangunan, TPS 3R juga dilengkapi oleh sarana mesin dan tempat pengelolaan sampah, serta dua unit motor pengangkut sampah.

“Nantinya semua TPS 3R yang ada di Pagaralam akan kita bina agar bisa berfungsi dan beroperasi dengan baik. Hal ini otomatis akan mengurangi jumlah sampah yang dibuang di TPS Simpang Padang Karet dengan adanya pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos,” tambahnya.

Peresmian tersebut turut dihadiri Sekda Pagar Alam Samsul Bahri, Perwakilan Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Sumsel Erni Susilawati, para Asisten, Plt Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Pagaralam Yudianto, Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Pagaralam David Kenedi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pagaralam Erwin, serta masyarakat setempat.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Harga Jual Naik, Petani Kopi Pagaralam Malah Gigit Jari

Pagaralam, Detik Sumsel- Komoditi kopi merupakan salah satu sektor yang sangat menunjang perekonimian di Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *