AMPHURI Vaksinasi Moderna Dosis Pertama Khusus Jamaah Calon Haji dan Umroh | Detik Sumsel
Pemprov
Suasana pemberian vaksinasi modern dosis pertama yang diselenggarakan AMPHURI

AMPHURI Vaksinasi Moderna Dosis Pertama Khusus Jamaah Calon Haji dan Umroh

Palembang, Detik Sumsel — Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) mulai memberikan vaksin dosis pertama jenis Moderna khusus untuk calon jamaah haji dan umroh di Rumah Makan Wong Palembang, Sabtu (2/10/2021).

“Direncanakan saya mau berangkat umroh tahun depan. Karena salah satu syarat dari Pemerintah Arab Saudi bagi yang akan berangkat umroh harus divaksin Moderna jadi saya ikut vaksin,” kata Cek Ya saat ditemui di Rumah Makan Wong Palembang.

Dikatakan Cek Ya, karena harus vaksin dengan Moderna maka ia menunggu dan kebetulan dari RT nya memberi tahu bahwa AMPHURI menggelar vaksin Moderna.

“Jadi saya datang kesini untuk ikut di vaksin Moderna dosis 1 dan semoga Umroh nanti jadi dan bisa berangkat tanpa ada hambatan lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, H Eef salah satu anggota AMPHURI, mengatakan vaksin Moderna Dosis 1 yang diselenggarakan AMPHURI ini untuk membantu calon jamaah haji dan umroh yang direncanakan akan berangkat tahun depan. Selain itu untuk membantu masyarakat yang ingin vaksin Moderna.

“Ada 800 orang anggota AMPHURI yang ikut vaksin. Kuota Vaksin Moderna yang disiapkan 1.200 orang. Sisanya 400 orang, masyarakat dari luar yang ikut vaksin Moderna dosis 1,” ujar H.Eef yang juga Direktur Prabu Tour.

Dikatakan Eef, vaksin Moderna merupakan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi bagi calon Jamaah haji dan Umroh wajib di vaksin. Vaksin yang disetujui oleh Pemerintah Arab Saudi yakni Moderna, PFizer – BioNTech, AstraZeneca Oxford dan Jhonson and Jhonson.

” Empat vaksin inilah yang disetujui pemerintah Arab Saudi. Jika sudah vaksin Sinovac maka harus dibooster diatara salah satu empat vaksin tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Eef jamaah umroh yang akan berangkat tahun depan melalui AMPHURI sudah ada 28 orang yang mendaftar.

” Sejauh ini harga untuk berangkat Umroh Hotel Bintang 3 dan 4 masih Rp30 juta, kemungkinan bisa naik jika keadaan masih seperti ini,” pungkasnya.

Dalam pemberian vaksinasi jenis moderna ini, pihak penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Seluruh peserta yang akan di vaksin diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak.

Diketahui Arab Saudi belum menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinopharm atau Sinovac buatan China. Hal ini disampaikan juru bicara Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi, Mohammed Al-Abd Al-Ali.

Namun, penduduk atau pelancong yang telah menerima salah satu vaksin buatan China itu bisa mengambil suntikan booster dari salah satu vaksin yang telah disetujui Arab Saudi.

Saat ini Saudi baru menyetujui empat vaksin yaitu Moderna, Pfizer-BioNTech, Johnson & Johnson, dan AstraZeneca-Oxford.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Cak Amir : Secara Sejarah Gus Yahya Sangat Pas Memimpin PBNU

Palembang, Detik Sumsel – Sejarah telah mencatat demikian besar peran NU dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *