Anak Usia 6 – 11 Tahun di OKU Mulai Divaksin Covid 19 | Detik Sumsel
Detik
Launching Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun yang dipusatkan di SD Negeri 44 OKU

Anak Usia 6 – 11 Tahun di OKU Mulai Divaksin Covid 19

Baturaja, Detik Sumsel — Vaksinasi Covid-19 anak usia 6- 11 tahun di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mulai dilaksanakan hari ini, Senin (10/1).Pelaksanaan ini ditandai dengan Launching Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun yang dipusatkan di SD Negeri 44 OKU.

Dalam pelaksanaannya pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) OKU dan Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, serta pihak terkait dalam hal ini TNI dan Polri.

Kepala Dinas Pendidikan OKU, H Teddy Meilwansyah, S.STP., MM M.Pd menngatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, anak usia 6-12 tahun ini dilakukan serentar di 22 lokasi atau sekolah yang tersebar di daerah Bumi Sebimbing Sekundang. Ada sebanyak 41 ribu lebih pelajar menjadi sasaran vaksinasi.

“Ditargetkan pada februari tahun ini pelaksaan vaksinasi terhadap anak ini bisa rampung. Dengan demikian pelaksanan sekolah tatap muka penuh atau 100 persen bisa dilaksanakan dalam waktu dekat,” jelas H Teddy.

Dalam pelaksanaan Vaksinasi ini diharapkan peran aktif orang tua untuk mengizinkan anaknya untuk dilakukan vaksinasi. para orang tua juga jangan takut anaknya untuk dilakukan penyuntikan vaksin covid-19 ini, sebab vaksin ini sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19 Indonesia dan juga sudah mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

“InsyaAllah aman, ini seagai bentuk memutus mata rantai penyebaran covid terhadap anak di sekolah. Jangan juga takut untuk tidak kebagian vaksin, karena setiap hari posko vaksinasi akan dibuka hingga seluruh siswa sudah divaksin,” katanya untuk anak SMP yang saat vaksin belum cukup umur, silakan datang keposko-posko yang ada untuk divaksin,” jelasnya.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H Megatakan, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun ini akan diberlakukan sama dengan vaksinasi orang dewasa. Vaksin diberikan sebanyak dua kali penyuntikan dengan interval minimal 28 hari melalui suntikan intramuskular dengan dosis 0,5 mili.

“Lokasi sasaran sekolah dasar dan mi sederajat// target 95 lima persen dari jumlah sasaran atau 41 ribu lebih pelajar usia 6-12 tahun,” katanya.

Ia mengingatkan pada para orang tua tidak usah takut untuk dilakukan vaksinasi terhadap anak. Penyuntikan vaksin ini diakui aman bagi anak-anak, terlebih tujuan untuk pencegahan Pandemi Covid-19. Pastinya sebelum dilakukan Vaksinasi Covid-19, akan dilakukan skrining sesuai format dan petunjuk teknis yang ada.

“Yang pasti diperlukan persetujuan orang tua. Jika ada penyakit bawaan atau si anak tubuhnya tidak siap divaksin, maka proses vaksinasinya akan ditunda. Vaksinasi ini akan dilakukan dengan cara mendatangi seluruh sekolah yang ada di OKU. Disamping itu, tim vaksinator juga akan jempul bola dengan cara door to door dan menyiagakan seluruh puskesmas di OKU,” jelasnya (fei).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lanal Palembang Vaksinasi 165 Siswa SD Negeri 64 Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melalui Balai Pengobatan kembali melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *