Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Pasang Mulsa Plastik Untuk Tanam Tomat | Detik Sumsel
Detik

Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Pasang Mulsa Plastik Untuk Tanam Tomat

Pati, Detik Sumsel – Berbagai macam aktivitas pertanian yang ada diDesa Tamansari, Kecamatan Jaken salah satunya budidaya tomat yang ditekuni warga. Dalam budidaya tomat memang bisa dilakukan secara konvensional atau tanpa perlakuan khusus. Namun, teknik budi daya ini dinilai kurang mampu dalam mendukung produksi yang optimal dari varietas unggul yang ditanam. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknik budi daya konvensional plus, yakni dengan menambahkan pemasangan mulsa plastik pada bedengan.

Tampak terlihat anggota satgas TMMD reguler 111 Kodim Pati Serda Bari Ervianto bersama Dadik (51) warga Dukuh Kalimati sedang sibuk menutup rapat bedeng dengan mulsa plastik. Dijelaskan oleh Dadik jika mulsa plastik berguna untuk mencegah pencucian pupuk oleh air, menjaga kelembapan tanah, menghindarkan tanaman dari percikan tanah, serta menekan pertumbuhan gulma. Selasa (29/06/2021).

“Saya pasang mulsa ketika matahari sedang bersinar dengan teriknya, sehingga mulsa mudah memuai dan akan menutup rapat bedengan. Dan alhamdulillah dibantu pak TNI saya sangat berterimakasih karena dalam membentangkan sendiri kesulitan,” ungkap Dadik.

Sementara itu Serda Bari Ervianto yang pernah mengikuti kursus pelatihan pertanian bidang ketahanan pangan, memang sudah banyak memahami . Ia pun menjelaskan jika tehnik memasang mulsa plastik harus tahu sehingga setelah dipasang dilubangi atasnya, untuk kemudian akan ditanami tomat.

“Saat memasang mulsa bagian perak menghadap ke atas, sehingga dapat membantu pemantulan cahaya matahari yang bisa berfungsi sebagai sumber cahaya bagi daun-daun tomat di bagian bawah untuk melakukan fotosintesis. Selain itu, cara tersebut juga bisa mengurangi serangan kutu yang menularkan penyakit virus, seperti aphis dan thrips yang senang bersembunyi di balik daun tomat,” terang Bari.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jelang PTM, Bupati Kukuhkan 81 Kepala UPTD Satuan Pendidikan SD dan SMP

Pati, Detik Sumsel — Jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM), yang diharapkan bisa dimulai Senin (17/1) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *