Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Rontokan Polong Kacang Tanah | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Rontokan Polong Kacang Tanah

Pati, Detik Sumsel – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang saat ini sedang berlangsung pelaksanan TMMD reguler ke 111 Kodim 0718/Pati sebagian warganya sedang melaksanakan panen, diantaranya Kunarti (55) yang sedang panen kacang tanah dan saat ini sedang merontokkan polong kacang tanah satu persatu.

Pada kesempatan istirahat setelah menyelesaikan plesteran pada rehab rumah RTLH , anggota satgas bergegas menghampiri Kunarti yang sedang sibuk mencabuti polong kacang tanah dari akarnya. Pada kesempatan itu Serda Warso lantas langsung membantu dan diselingi obrolan ringan namun bermakna, Minggu (27/06/2021).

Kunarti mengatakan jika panen kacang tanahnya saat ini terbilang cukup memuaskan, pasalnya hasilnya dari tanaman kacangnya saat dicabut begitu banyak terisi polongan kacang. Ia pun menjelaskan tehnik menanam kacang tanah yang baik dan supaya hasil saat dipanen bisa berhasil dan sukses.

“kalau kita akan panen kacang tanah hendaknya dipanen pada saat mencapai kemasakan biji yang tepat. Panen yang terlalu cepat membuat biji menjadi keriput. Tanda tanda kacang tanah yang telah tua dan dapat dipanen ialah sebagian besar daun telah menguning kulit polong menjadi keras, kelihatan berserat, dan bagian dalam berwarna coklat,” ungkap Kunarti.

Selain itu ditambahkan Kunarti bahwa sebelum panen, tanah yang agak kering ada baiknya dibasahi dulu agar polong tidak banyak tertinggal sewaktu proses pencabutan. Dalam kesempatan itu juga Kunarti tidak lupa mengucapkan terimakasih dengan adanya TMMD dibangunnya jalan betonisasi, karena ia nantinya apabila akan membawa hasil panen kacang tanahnya dari sawah sudah tidak kesulitan

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT ke 1, Bupati Minta Alumni Resimen Mahasiswa Lanjutkan Kegiatan Sosial

Pati, Detik Sumsel — Bupati Pati Haryanto menyempatkan hadir pada HUT ke – 1 Ikatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *