Angkutan Batubara Dilarang Melintas, Gubernur Beri Solusi Lewat Air | Detik Sumsel
BNI"
Gubernur Sumsel, Herman Deru, melihat alur tranfortasi air pengangkutan batubara. Foto Heru/DS

Angkutan Batubara Dilarang Melintas, Gubernur Beri Solusi Lewat Air

Lahat, Detik Sumsel — Terbitnya Pergub Sumsel No 74/2018, soal angkutan batubara dilarang melintasi jalan umum. Rupanya sempat membuat geliat batubara di Lahat menurun. Menjawab hal tersebut, Gubernur Sumsel, Herman Deru, berikan solusi pengangkutan batubara melalui via Sungai Lematang.

“Transportasi air ini jadi solusi, dampak dilarangnya angkutan batubara melintas di jalan umum,” terang Herman Deru, ketika soft launching tranfortasi air dan terminal batubara muara lawai, di Kecamatan Merapi Timur Lahat, Kamis (11/4).

Hanya saja, Gubernur mengatakan, pengangkutan batubara via sungai ini bukan tidak ada kendala. Butuh memperhatikan dahulu debit air Sungai Lematang, sebelum pengangkutan juga dibutuhkan perhatian terhadap dampak lingkungannya.

“Pesan saya, kondisi alam dan lingkungan  harus jadi perhatian. Jangan sampai merusak ekosistem disana. Terpenting harus saling menguntungkan, baik dengan alam atau lainnya,” pesannya.

Sementara, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan, Pemkab Lahat sangat mendukung keputusan Gubernur Sumsel, untuk menggunakan transportasi air. Apalagi tenaga kerja lokal, menjadi prioritas untuk mendukung kebijakan ini.

“Demi kepentingan masyarakat, juga PAD. Saya sangat mendukung, dan semoga transportasi sungai berjalan lancar, hingga masuk ke terminal batubara muara lawai,” kata Cik Ujang.

Disisi lain, Dirut PT Batubara Mandiri, H Baharudin menerangkan, pengangkutan batubata via sungai memang ada batasan. Tonase tongkang mencapai 300 ton, tentunya dengan memperhatikan kedalaman sungai.

“Ada 50 jembatan gantung, dan 5 jembatan permanen yang akan dilewati. Untuk itu kita belum bisa menentukan batas maksimal pengangkutan, karena harus melihat kondisi debit sungai,” terangnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Polda Sumsel Terima Laporan Mahasiswa Dugaan Korban Pelecehan Oknum Dosen Unsri

Palembang, Detik Sumsel — Polda Sumsel akhirnya menerima laporan mahasiswa korban dugaan pelecehan oleh oknum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *