Antisipasi Musim Pancaroba, Distan Lahat Sediakan Bibit Varietes Unggul | Detik Sumsel
Pemprov

Antisipasi Musim Pancaroba, Distan Lahat Sediakan Bibit Varietes Unggul

Lahat, Detik Sumsel — Masih dimanfaatkannya lahan tadah hujan oleh sejumlah petani padi di Kabupaten Lahat. Dinas Pertanian Lahat tahun ini rencanaya akan mengembangkan tanaman padi gogo, dengan target 3360 Ha. Melingkupi wilayah Kecamatan Merapi Area, Kikim Area, Kota Lahat, Gumay Talang, Pulau Pinang, Pagar Gunung, dan Mulak Ulu.

Kepala Dinas Pertanian Lahat, Ir H Agustia Budiman MM, melalui Kabid Tanaman Pangan, A Firdaus SP MMA mengatakan, melihan kondisi cuaca saat ini tanaman padi gogo dengan bibit varietas unggul Sitilubagendit, yang tahan akan kekurangan air. Sangat cocok untuk ditanam oleh petani, yang masa tanamnya pada bulan ini.

“Untuk beberapa kecamatan, bibit ini memang sangat cocok. Karena lahan pertaniannya masih mengandalkan air hujan,” ujar Firdaus, Kamis (20/9).

Lanjut Firdaus, untuk itu melalui program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB), Kementrian Pertanian (Kementan) RI kembali memberikan bantuan bibit varietes, untuk 3360 Ha lahan di Kabupaten Lahat agar bisa ditanami padi gogo. Kendati baru uji coba, pihaknya yakin bibit varietescocok untuk musim pancaroba seperti saat ini.

“Walaupun cuaca nanti sering hujan, tidak akan berpengaruh, bibit ini juga bagus untuk lahan yang banyak airnya. Terget kita hingga akhir September nanti,” ucapnya.

Sementara, Hendra (30) petani padi di Kota Lahat mengatakan, dirinya selaku petani sangat terbantu jika memang ada suplay bibit yang unggul dari pemerintah. Hanya saja, seharusnya bukan hanya bibit, pemerintah juga memberikan bantuan pupuk.

“Kalau bisa jangan hanya bibit, pupuk bersubsidi juga jangan dipersulit dapatnya. Percuma ada bibit yang bagus, tapi pupuknya mahal, ujung-ujungnya petani juga yang menjerit,” ucap Hendra. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Dua Oknum Kades di Lahat Menunggu Disidang

Lahat, Detik Sumsel – Unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat, limpahkan tersangka dan berkas perkara dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *