Antisipasi Pengiriman Narkoba Lewat Paket Pos, Ditresnarkoba Turunkan Mobil X Ray | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Mobil sinar X Ray milik Ditresnarkoba Polda Sumsel yang diturunkan untuk memeriksa barang kiriman dikantor Pos Palembang

Antisipasi Pengiriman Narkoba Lewat Paket Pos, Ditresnarkoba Turunkan Mobil X Ray

Palembang, Detik Sumsel — Untuk mengantisipasi pengiriman narkoba lewat jasa pengiriman barang melalui kantor pos. Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel Selasa (21/5) mendatangi kantor Pos Palembang di Jalan Merdeka untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang – barang yang masuk maupun yang akan keluar dari Palembang.

Kasubag Anev Ditresnarkoba Polda Sumsel Kompol Teguh Suyanto mengatakan pengecekan maupun pemeriksaan barang di jasa pengiriman barang baik dikantor pos maupun jasa pengiriman barang ditempat lainnya untuk mengantisipasi apakah ada bandar narkoba yang memanfaatkan jasa pengiriman barang untuk menyelundupkan narkoba melalui jasa pengiriman barang.

Mengingat menjelang lebaran banyak orang memanfaatkan jasa pengiriman barang untuk mengirim barang.

“Untuk memeriksa barang yang akan dikirim maupun barang yang datang Ditresnarkoba Polda menurunkan mobil sinar X Ray bantuan dari Mabes Polri. Mobil ini bekerja secara manual dan terprogam untuk mendeteksi barang yang mengandung narkoba,”katanya.

Selain di kantor pos, Ditresnarkoba juga melakukan pemeriksaan di jasa pengiriman barang Pandu logistik, Indah Cargo dan kedepannya juga akan dilakukan dibeberapa jasa pengiriman barang lainnya.

“Dari hasil pemeriksaan sejauh ini tidak ditemukan barang barang mencurigakan seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya,”bebernya.

Adanya pemeriksaan tersebut disambut baik oleh pihak kantor pos Palembang, melalui Menajer Pelayanan Gabriela Sabatini mengatakan pihaknya mendukung penuh langkah kepolisian.

“Ini juga bagian dari kerja sama kantor pos Palembang dengan Ditresnarkoba Polda Sumsel dalam mencegah masuk atau pun keluar narkoba dari kota Palembang,”ujarnya.

Dengan adanya pemeriksaan ini, menunjukkan bahwa dikantor pos juga dilarang mengirimkan barang barang terlarang seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya.

“Untuk mengirimkan barang melalui kantor pos, kami juga ada Standar Operasional Prosedur yang dilalui dalam pengiriman, artinya kami juga mengkonfirmasi kepada pemilik barang terhadap barang yang akan dikirim,”bebernya.

Selain itu kantor wajib memeriksa atau pun membuka barang yang akan dikirim dan ada pula barang rahasia yang tidak boleh dibuka karena kebijakan dari Undang-undang untuk melindungi privasi pengirim dan si pengirim harus membuat surat pernyataan bahwa barang tersebut tidak boleh dibuka.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ironis.. Sejak Dua Tahun Digagahi Ayah Tiri

Indralaya, Detik Sumsel- Miris seorang anak perempuan berinisial AL (14) yang masih duduk dibangku sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *