Aset Negara Miliaran Terbengkalai dan Hilang, Mudai Madang dan Aswari Masih Diperiksa Jaksa | Detik Sumsel
Pemprov
Kepala Kajati Sumsel, Ali Mukartono, SH MM

Aset Negara Miliaran Terbengkalai dan Hilang, Mudai Madang dan Aswari Masih Diperiksa Jaksa

Palembang, Detik Sumsel,- Mantan Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai dan mantan Direktur Utama PT Sriwjjaya Optimis Mandiri (SOM) Muddai Madang saat ini masih menjalani pemeriksaan pemeriksaan di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Kamis (4/4).

 

Dalam hal ini, diketahui Mudai Madang diperiksa dengan kapasitas sebagai direksi PT Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Gas yang berhubungan atau berkaitan dengan PT BPI Lahat sementara Aswari Rivai sebagai unsur Pemerintahan di Kabupaten Lahat kala itu.

Kepala Kejati (Kajati) Sumsel, Ali Mukartono mengatakan pemeriksaan keduanya terkait dugaan adanya izin lahan yang tumpang tindih di Kabupaten Lahat dan menyebabkan aset terbengkalai dan merugikan negara.”Dilaporkan adanya unsur aset negara yang hilang dari PT Bukit Pembangkit Innovative (BPI) di Lahat, Kami melakukan pemeriksaan karena laporan dari pihak yang merasa ada asetnya yang hilang,”sambungnya.

Yang diduga kuat terkait Peralatan pemecah batu atau stone cruiser milik Perusahaan Daerah (Perusda) Pertambangan dan Energi Kabupaten Lahat yang berada di kawasan Desa Tanjungbaru, Kecamatan Merapi Barat yang sempat dibiarkan terbengkalai dan rusak.

Padahal alat yang dibeli Pemerintah Kabupaten Lahat melalui BUMD itu, telah menghabiskan dana miliaran rupiah. Akan tetapi, peralatan pemecah batu itu justru tidak berproduksi untuk menghasilkan pendapatan bagi daerah, dan  dibiarkan tak terurus.

Bahkan diketahui, beberapa peralatan telah hilang dicuri seperti  kabel dan mesin dinamo karena tidak ada perawatan dan tidak terawat, dikhawatirkan peralatan akan semakin rusak dan banyak peralatan hilang dicuri, apalagi letaknya berada di pinggir Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) yang ramai lalulintas kendaraan.(vot)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Diduga Gandir Wanita Muda di Baturaja Ditemukan Tewas Tergantung

Baturaja, Detik Sumsel – Seorang wanita muda ditemukan warga tewas dengan leher tergantung pada pintu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *