ASSPEK Upayakan Pempek Go Internasional | Detik Sumsel
Detik
ASSPEK Upayakan Pempek Go Internasional
Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal saat menyampaikan kata sambutan pada milad kedua ASSPEK di Pedestrian Sudirman, Jumat (31/01) malam.

ASSPEK Upayakan Pempek Go Internasional

Palembang, Detik Sumsel – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Sumatera Selatan optimis tahun 2020 akan mematenkan makanan khas Kota Palembang, yakni pempek sebagai warisan budaya tak benda. Selain itu, Disbudpar juga akan mengenalkannya hingga ke mancanegara lewat United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Hal ini disampaikan Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahriz pada milad kedua Asosiasi Pengusaha Pempek (ASSPEK) Kota Palembang, Jumat (31/01) malam. Ia mengatakan, ASSPEK dapat mengembangkan kuliner pempek hingga layak dijadikan warisan budaya.

“Dengan adanya organisasi dan asosiasi semacam ASPPEK ini, menunjukan jika pempek berkembang pesat dan memiliki standar untuk nantinya dipatenkan menjadi warisan budaya,” katanya saat diwawancarai usai acara yang digelar di Pedestrian Sudirman tersebut.

Lebih lanjut, Aufa mengatakan, pematenan ini sudah sampai pada tingkat Kementerian Kebudayaan yang melibatkan semua lini, baik akademisi, pengusaha pempek, dan para budayawan.

“Kita akan berkolaborasi untuk menjadikan pempek sebagai warisan budaya yang mendunia, kita juga akan melakukan pendekatan kepada daerah dan seluruh kolega untuk membantu memperjuangkan warisan budaya ini,“ ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua ASPPEK, Yeni juga mengatakan, visi dan misi terbentuknya ASPPEK adalah menjadikan pempek mendunia.

“Untuk mengenalkan pempek ke mancanegara tentunya kita berusaha keras meningkatkan standar pempek dari segi kualitas hingga ke taraf nasional. Semua anggota ASPPEK kita data. Bahan-bahan yang dipakai pun kita data untuk menunjang standar yang baik,” ujarnya.

Yeni menambahkan, sampai saat ini pempek yang diproduksi di Kota Palembang, terkhusus anggota ASPPEK sudah bisa diekspor ke luar negeri dan itu semua berkat kerjasama dengan seluruh elemen.

“Kami juga berterima kasih kepada pemerintah kota dan provinsi karena telah memfasilitasi pedagang pempek untuk berkolaborasi dan mempercayai kami. Dengan misi pempek mendunia, mudah-mudahan tidak sampai tahun 2025 pempek akan mendunia,” pungkasnya. (*)

Reporter : Yuni Rahmawati/Mahasiswa Jurnalistik UIN Raden Fatah

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *