AT Minta Insentif Nakes Segera Dicairkan | Detik Sumsel
Pemprov
Anggota DPRD Kota Palembang Abdullah Taufik

AT Minta Insentif Nakes Segera Dicairkan

Palembang, Detik Sumsel – Anggota DPRD kota Palembang meminta kepada Walikota Palembang untuk segara mencairkan insentif bagi para tenaga kesehatan yang berada dalam naungan Pemkot Palembang, hal ini tidak lain bentuk perhatian dan dukungan kepada para tenaga kesehatan yang berjuang merawat para pasien Covid 19.

“Kami minta segara cairkan bagi tenaga kesehatan yang belum mendapatkan insentif,”kata anggota DPRD kota Palembang Abdullah Taufik, kepada awak media, Minggu (25/7).

Informasi yang ia terima dari para nakes bahwa insentif nakes sejak Januari tahun ini belum cair dan info yang berhembus insentif nakes bakal dipotong 50 persen.

“Kita minta segara cairkan, dan kami harap tidak ada pemotongan seperti isu yang berhembus,”ujarnya

Menurut politikus Gerindra ini, tenaga kesehatan garda terdepan dalam melakukan perawatan bagi pasien Covid 19.
“Bukan hanya ancaman tertular namun mereka berjuang bagi mereka sendiri untuk keselamatan namun juga bagi para pasien yang sedang di rawat baik di RS maupun puskesmas,”kata Taufik.

Bukan hanya mencairkan, namun pihaknya juga akan meminta walikota untuk mengalokasikan anggaran bagi tenaga kesehatan pada APBD Perubahan tahun 2021 ini.”kita akan terus mendorong agar Pemkot mengalokasikan anggaran untuk nakes, ini adalah upaya kita agar nakes ini dapat perhatian lebih dari pemkot,”kata Taufik.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan pada saat beraktifitas di luar rumah.karena angka penularan covid mengalami kenaikan sehingga masyarakat diminta untuk selalu menggunakan prokes.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Negara (BPKAD) Palembang, Zulkarnain mengakui bahwa insentif anggaran nakes belum dicairkan sejak Januari karena dinas Kesehatan lagi menyiapkan dokumen untuk pencarian.

“Daerah lain juga belum cair, kalau untuk 2020 semua sudah cair kalau untuk 2021 memang belum ada pencarian sejak Januari,”kata Zulkarnain.

Apakah nantinya BPKD akan mengalokasikan anggaran yang lebih besar pada APBD perubahan? Menurut Zulkarnain sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.”Kita kondisi lapangan dan menunggu petunjuk dari pusat juga apakah ada penambahan atau tidak,”kata Zulkarnain.

Pemkot Palembang telah menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan covid 19 pada tahun 2021.yang dialokasikan dalam APBD tahun ini.

“Untuk besaran insentif untuk di puskesmas besarannya disama ratakan dengan rumah sakit yakni Rp 5 juta per orang,”kata Zulkarnain

Ia mengatakan, insentif nakes periode Oktober hingga Desember 2020 sudah dibayarkan dengan total rincian Rp7 miliar. (Bet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kantor Dinas Perkim Pagaralam Diserbu Ulat Bulu

Pagaralam, Detik Sumsel- Pemandangan tak seperti biasanya tampak di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *