Atasi Tumpukan Sampah, PKS Palembang Sosialisasikan Program Pengelolaan Eco Enzym | Detik Sumsel
Detik
Kegiatan Webinar terkait program pengelolaan Eco Enzym.

Atasi Tumpukan Sampah, PKS Palembang Sosialisasikan Program Pengelolaan Eco Enzym

Palembang, Detik Sumsel – Melalui kegiatan Webinar, Bidang Pembinaan Desa, Tani, dan Nelayan DPD PKS Kota Palembang bersama Bestari Community terus berupaya dalam melalukan pengelolaan limbah organik menjadi produk sejuta manfaat melalui program pengelolaan Eco Enzym.

Kegiatan Webinar yang digelar, Sabtu (27/11) itu juga nampak dihadiri langsung oleh narasumber sekaligus pakar dan praktisi Eco Enzym dari bogor langsung, yakni Ir. Wahyu Indah Novabriani.

Tidak hanya itu saja, hadir juga membuka acara sekaligus melaunching Komunitas Lingkungan Bersih dan Lestari (Bestari Community), yakni Ketua DPD PKS Kota Palembang, Ir. Baharuddin, MM. Serta beberapa pengurus DPD PKS kota Palembang, di antaranya Sekretaris DPD PKS Palembang, Jumono serta Ketua Bidang Pembinaan Desa, Tani dan Nelayan, Wandi Jaya Putra.

“Kesadaran akan lingkungan hidup untuk menerapkan hidup sehat dan keseimbangan kelestarian alam diharapkan dapat menjadi visi besar kehidupan bermasyarakat. PKS khususnya akan terus mendorong kelestarian lingkungan ini,” kata Ketua DPD PKS Kota Palembang, Ir. Baharuddin, MM.

Disampaikan Baharuddin, kesadaran akan lingkungan hidup dapat diterapkan mulai dari masyarakat, terlebih dalam sub sektor keluarga.

Menurutnya, masyarakat harus tahu dan dibangun kesadaranya, bahwa penyuplai sampah terbesar yakni dari masyarakat.

Bahkan, secara khusus data pemerintah di Palembang sendiri merupakan penyumbang kurang lebih 1000 Ton sampah per harinya.

“Oleh sebab itu, PKS harus punya andil untuk membangun kehidupan bermasyarakat.” ungkap Bahar.

Masih dikatakan Bahar, banyak cara yang diupayakan untuk pengelolaan darurat sampah dan limbah, salah satu diantaranya dengan pemanfaatan program Eco Enzym,di mana dengan cara ini dapat mengurangi penumpukan limbah menjadi produk yang bermanfaat.

Adapun produk yang dapat dihasilkan di antaranya sabun, pembersih lantai, detergent, aromatik, dan produk yang bermanfaat lainya. Tentu saja semua ini dapat diproses mudah oleh masyarakat dan dapat dijadikan sebagai salah satu kreatifitas keluarga.

Program ini melalui Bestari Community dan PKS Bidang Desa, Tani dan Nelayan akan terus berkolaborasi, baik dalam mengedukasi masyarakat maupun menggagas program-program lingkungan kemasyarakatan. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lanal Palembang Vaksinasi 165 Siswa SD Negeri 64 Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melalui Balai Pengobatan kembali melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *