Aturan Kemenhub Sejalan UU Lalu Lintas | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Direktur Lalulintas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro

Aturan Kemenhub Sejalan UU Lalu Lintas

Palembang, Detik Sumsel- Direktur Lalulintas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro menyikapi terbitnya Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 yang berisi larangan merokok bagi pengendara kendaraan bermotor saat mengendarai kendaraannya.

“Salah satu isi di dalam Permenhub No 12 Tahun 2019 adalah pengaturan tentang keselamatan bagi pengguna kendaraan bermotor yang digunakan untuk kepentingan umum atau masyarakat seperti ojek online,” kata Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro.

Salah satu pasal di dalam Permenhub di pasal 6 huruf C berbunyi pengemudi kendaraan bermotor atau roda dua yang digunakan untuk kepentingan umum dilarang merokok saat berkendara.

“Kepolisian dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas terus menyosialisasikan Permenhub ini ke masyarakat dan melakukan penegakan hukum bagi pelanggar khususnya pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas yang bunyinya setiap orang dilarang melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara dapat dilakukan penilangan serta denda sebesar Rp 750 ribu,” jelasnya.

Artinya, di dalam pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tidak hanya merokok saja yang dilarang tapi mendengarkan musik melalui headset serta menggunakan telepon juga dilarang saat berkendara dan dapat dilakukan penilangan. Ini juga menjadi konsentrasi Direktorat Lalu Lintas dalam penegakan hukum untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

“Kalau di Sumsel sudah sekitar seratus pengendara yang ditindak secara kasat mata, namun untuk operasi khusus belum dilaksanakan tapi jika ditemukan secara langsung pasti akan ditindak untuk menekan angka lakalantas,” bebernya.

Menurutnya, Permenhub No 12 Tahun 2019 dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas tidak ada masalah karena tidak bertabrakan.

“Permenhub No 12 Tahun 2019 ini baru karena dikhususkan untuk pengendara roda dua yang digunakan untuk kepentingan umum, jadi perlu disosialisasikan ke masyarakat. Dalam waktu dekat Dishub akan melakukan pelatihan kepada ojek online menggandeng Direktorat Lalu Lintas sebagai narasumbernya,” tandasnya. (oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ironis.. Sejak Dua Tahun Digagahi Ayah Tiri

Indralaya, Detik Sumsel- Miris seorang anak perempuan berinisial AL (14) yang masih duduk dibangku sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *