Awas Macet! Pemudik Asal Sumsel Diminta Pulang Lebih Awal

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel – Dinas Perhubungan Sumatera Selatan menghimbau masyarakat yang akan keluar atau masuk ke Bumi Sriwijaya untuk melakukan perjalanan balik mudik agar lebih cepat dari tanggal puncak arus balik.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Arinarsa JS mengatakan imbauan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat terhindar dari kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat puncak arus balik.

“Diprediksi puncak arus balik mudik ini terjadi 6-7 Mei. Kami imbau masyarakat kembali lebih cepat khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi,” ungkapnya

Apalagi mengingat melihat jumlah masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2022 sangat tinggi, diperkirakan pada puncak arus balik akan kembali terjadi kepadatan.

“Jumlah arus balik akan sama seperti arus mudik mencapai tiga juta orang menuju Sumsel dan keluar Sumsel berkisaran dua juta pemudik,” katanya

Ia menambahkan puncak arus balik cenderung lebih pendek dibandingkan dengan arus mudik Lebaran 2022 kemarin yang akan berdampak pada peningkatan lalu lintas serentak.

“Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan,” tuturnya

Untuk mengantisipasi kemacetan tetap dilakukan pihaknya melalui posko-posko yang bekerjasama dengan seluruh pihak seperti Dishub kabupaten/kota, kepolisian, Pol PP, Dinkes dan lainnya untuk penanganan arus mudik dan arus balik.

“Kami siapkan segala kemungkinannya, kerjasama dilakukan ataupun skema lalu lintas jika ada kepadatan nantinya,” tutupnya.

Komentar