Banjir dan Longsor Ancam Sebagian Sumsel | Detik Sumsel
BNI"
Grafis : Raam/Detik Sumsel

Banjir dan Longsor Ancam Sebagian Sumsel

Lipsus, Detik Sumsel- Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Sumsel mencatat saat ini wilayah Sumsel sedang masuk masa peralihan musim atau pancaroba yang tentunya sangat berpotensi adanya bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Ancaman bencana banjir, puting beliung, dan longsor ini meliputi di sebagian wilayah Sumsel yakni diantaranya untuk ancaman angin puting beliung dan banjir harus diwaspadai di daerah bagian timur yakni OKI, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, dan Palembang.

“Sedangkan ancaman banjir bandang dan tanah longsor harus diwaspadai di wilayah barat yakni Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, dan OKU Selatan,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah melalui Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Ansori kepada Detik Sumsel.

Selain itu, ancaman bencana lainnya yakni bencana gunung api di Pagaralam karena saat ini di Kota Pagaralam status gunung Dempo yang masih aktif. “Kalau Gempa kita tidak terlalu rawan karena daerah Sumsel tidak berada pada lempengan tetapi imbasnya bisa saja terjadi di OKU Selatan dan Muaraenim,” jelasnya.

Kondisi Longsor di Desa Batu Surau, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim beberapa waktu lalu. (Foto: warga for Detik Sumsel)

Ansori menambahkan, terkait antisipasi ancaman bencana tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait sehubungan apa yang harus dipersiapkan.

“Yang jelas Kabupaten/Kota masing-masing telah siap dengan peralatan dan logistik dengan menyesuaikan ancaman bencana di masing-masing daerah,” jelasnya.(tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PS Palembang Bertolak ke Prabumulih untuk Liga 3

Palembang, Detik Sumsel- Tim PS Palembang resmi bertolak ke Prabumulih petang ini. Tim dilepas langsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *