Baru Dilantik, Berikut Janji PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim 

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Internasional, Detiksumsel.com – Perdana Menteri (PM) baru Malaysia, Anwar Ibrahim membeberkan janji yang dibuat usai resmi dilantik oleh raja, Kamis (24/11/2022) lalu. 

Pelantikan Anwar itu dilakukan setelah proses panjang pemilihan umum (Pemilu) Malaysia yang digelar pada pekan lalu. 

Anwar berhasil keluar sebagai PM dengan total perolehan 82 kursi untuk koalisinya Pakatan Harapan (PH). 

Akan tetapi perolehan kursi itu masih tidak mencukupi kuorum yang telah ditentukan oleh Malaysia dalam proses pemilu PM. 

Akhirnya, Anwar resmi ditunjuk sebagai PM setelah raja melakukan pertemuan dengan para sultan dari sembilan negara bagian. 

Pasca dilantik, Anwar Ibrahim pun menyampaikan sederet misinya selama menjabat sebagai PM Malaysia. 

Berikut ini beberapa misi dari Anwar Ibrahim usai dilantik sebagai PM Malaysia, yang disampaikan saat konferensi pers pertamanya. 

  • Pemulihan Ekonomi 

Anwar Ibrahim memiliki misi untuk memulihkan perekonomian Malaysia. Mengingat hampir seluruh negara mengalami pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil usai menghadapi pandemi Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan oleh Anwar melalui akun media sosial twitter. “Fokus utama saat ini adalah agenda pengukuhan ekonomi,” tulis Anwar melansir dari twitter, Jumat (25/11/2022). 

  • Berantas Korupsi 

Misi selanjutnya yang diusung oleh Anwar yaitu memberantas dan melawan korupsi. Menurut pengakuan Anwar, dirinya akan menangani korupsi secara serius dan habis-habisan. 

“Saya ingin mengangkat harkat dan martabat rakyat, mengakhiri korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan serta memperjuangkan kehidupan rakyat,” ungkap Anwar melansir dari Channel News Asia. 

Komentar