Bawa 7 kg Sabu Siap Edar, Dua Sekawan Diganjar Bui Seumur Hidup | Detik Sumsel
Pemprov
Dua sekawan pembawa 7 Kg Sabu jalani persidangan di PN Klas 1A khusus Palembang.
Dua sekawan pembawa 7 Kg Sabu jalani persidangan di PN Klas 1A khusus Palembang.

Bawa 7 kg Sabu Siap Edar, Dua Sekawan Diganjar Bui Seumur Hidup

Palembang, Detik Sumsel,– Terbukti terlibat dalam perantara jual beli narkotika dengan jumlah besar, dua sekawan Iven Riyansah (35) dan Gandi (35) dijatuhi vonis hukuman penjara  selama hidup pada persidangan di PN Klas 1 A khusus Palembang, Selasa (20/05).

Keduanya dibuktikan majelis hakim diketuai Sobur susatyo SH pasal 114 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika. Vonis ini lebih tinggi dibandingkan jaksa Penuntut Umum (JPU) Selly Agustina SH yang menuntut dengan hukuman 20 tahun penjara.“Menyatakan kedua terdakwa terbukti sah dan meyakinkan dengan barang membuktikan sabu seberat 6946,59 gram atau setara dengan 7 kilogram (Kg) Menghukum kedua terdakwa dengan hukuman penjara selama hidup, ”ujar ketua majelis hakim Sobur Susatyo SH.

Usai mendengarkan putusan majelis hakim, JPU Selly dan kedua terdakwa kurir 7 Kg narkotika jenis sabu melalui penasehat hukumnya sama-sama membuktikan pikir-pikir.

Sebelumnya diketahui, terdakwa Iven Riyansah bin Aripin bersama terdakwa Gandi bin Jon ditangkap pada Sabtu (17/11/2018) mulai pukul 06.00 WIB. Kedua terdakwa merupakan kurir Narkotika atas perintah terdakwa Muhammad bin Madrin (penuntutnya dilakukan terpisah).

Muhammad Bin Madrin akan melakukan pengiriman narkotika dari Palembang ke Tulung Selapan melalui terdakwa Iven Riyansah dan terdakwa Gandi.

Pengiriman narkotika tersebut dengan menggunakan mobil Toyota Avanza warna hitam Nomor Polisi BG 1032 RT. Namun aksi tersebut berhasil digagalkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) yang berhasil terdakwa Iven Riyansah dan terdakwa Gandi di depan Polsek Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Turut diamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 6946,59 gram atau setara 7 kg yang disimpan dalam kardus coklat.Sementara BNNP Sumsel juga ikut membantu terdakwa Muhammad yang akan menyerahkan diri ke Provinsi Bangka Belitung melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api menumpang kapal Peri.

Turut pula terungkap dalam fakta persidangan bahwa terdakwa Iven Riyansah dan terdakwa Gandi akan mendapat upah sebesar Rp 18 juta dari terdakwa Muhammad. Namun kedua terdakwa baru menerima pembayaran sebesar Rp5 juta, sampai akhirnya berhasil tercapai sebelum berhasil mencapai persetujuan.(vot)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi 

Kayuagung, Detik Sumsel-Bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *