Bawaslu Sumsel Lakukan Pemetaan IKP Pilkada Serentak 2020 | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Bawaslu Sumsel Lakukan Pemetaan IKP Pilkada Serentak 2020
Ketua dan Komisioner Bawaslu jelaskan IKP 2020

Bawaslu Sumsel Lakukan Pemetaan IKP Pilkada Serentak 2020

Palembang, Detik Sumsel – Berdasarkan hasil penelitian Bawaslu Republik Indonesia, rata-rata penyelenggaraan pilkada di kabupaten/kota, berada dalam kategori rawan sedang, dan penyelenggaraan pilkada provinsi masuk dalam kategori rawan tinggi.

Data tersebut didapat dari, peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Jakarta, Selasa (25/2).

Oleh karena itu jelas Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, dibutuhkan pencegahan pelanggaran, dan pengawasan penyelenggaraan pilkada secara maksimal, yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

“Kerawanan pada tingkat kabupaten/kota, memiliki skor rata-rata 51,65, yang masuk dalam kategori rawan sedang. Artinya, kerawanan pilkada di tingkat kabupaten/kota berada pada level 4 yang berarti lebih dari setengah indikator kerawanan berpotensi terjadi,”jelas Iir kepada awak media, Jum’at (28/2).

Baca Juga :   Ikuti Tes Kesehatan, Hendra Akui Siap Jalani Berbagai Proses Tahapan

Sedangkan pada pemilihan Gubernur, Sembilan provinsi yang menyelenggarakan pemilihan, memiliki skor rata-rata skor 73,8, yang masuk dalam kategori tinggi, yang berarti hampir seluruh indikator kerawanan berpotensi terjadi.

“Angka tersebut diambil dari pengukuran atas empat dimensi dan 15 sub dimensi yang mencerminkan kerawanan penyelenggaraan pilkada,”jelasnya

Empat dimensi yang diukur dalam IKP Pilkada 2020 terang Iin Irwanto diantaranya, dimensi Konteksi Sosial dan politik dengan rincian sub dimensi keamanan lingkungan, otoritas penyelenggara pemilu, otoritas penyelenggara negara, dan relasi kuasa di tingkat lokal;

Untuk dimensi Pemilu yang Bebas dan Adil tuturnya, dengan rincian sub dimensi : hak pilih, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilu, dan pengawasan pemilu;

Baca Juga :   Semangat Tanggapi Black Campaign, Pengamat Politik Sumsel: Jokowi Harusnya Sampaikan Program

Sedangkan dimensi Kontestasi lanjutnya, dengan rincian sub dimensi : hak politik, proses pencalonan, dan kampanye calon; dan dimensi Partisipasi dengan rincian sub dimensi : partisipasi pemilih, partisipasi partai politik, dan partisipasi publik.

Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak kabupaten/Kota Tahun 2020 mengklasifikasikan kategori potensi kerawanan berdasarkan tingkatan level 1 sampai dengan 6.

“Level 1 dan 2 adalah tingkat kerawanan rendah, level 3 dan 4 adalah tingkat kerawanan sedang dan level 5 dan 6 merupakan tingkat kerawanan tinggi. Tingkatan kerawanan dalam kategori 1-6 untuk menjelaskan,”tandasnya.(riil/Pen)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pak Al: PKN Buka Pintu bagi Tokoh Politik untuk Bergabung

Palembang, Detik Sumsel — Sebagai partai baru, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) membuka pintu bagi tokoh-tokoh politik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.