Begini Kriteria Calon Ketua Umum KONI Sumsel yang Diinginkan Cabor | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Ilustrasi KONI Sumatera Selatan (Istimewa)

Begini Kriteria Calon Ketua Umum KONI Sumsel yang Diinginkan Cabor

Palembang, Detik Sumsel-Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga di KONI Provinsi Sumsel masih wait and see. Mereka tidak mau gegabah bersikap menentukan calon ketua KONI Provinsi Sumsel pada Musyawarah Olahraga Provinsi Luarbiasa (Musorprovlub) usai Lebaran Idul Fitri nanti.

Meski sebelumnya sempat beredar beberapa nama figur calon ketua KONI Sumsel seperti Hendri Zainuddin, Much Baryadi, Syahrial Oesman, Yusri Effendi dan Asfan Fikri Sanaf.

“Kami masih menunggu siapa calon ketua rekomendasi pak Gubernur Herman Deru. Pada dasarnyakan kita bisa menerima, asal memenuhi kreteria menjadi ketua dan benar-benar mumpuni. Kami ingin melihat dulu baru mendukung kalau sesuai dengan kretiria,” kata H Zulfaini M Rofi sekretaris umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel dibincangi di KONI Sumsel, Selesa (21/5/2019).

Menurut Zul, sapaan akrabnya, ketua harus bisa dan berani menyelesaikan masalah. Contohnya, bisa mengatasi kekosongan anggaran.

“Ya, kalau ado duit baru jalan, anak kecil juga bisa. Tapi bagaimana dia mampu mengalokasikan dana untuk KONI sebelum pemerintah membantu, dia harus berani,” terang pensiunan PNS ini.

Apalagi lanjut pengurus KONI Sumsel bidang penelitian dan pengembangan ini anggaran KONI sudah diatur dalam undang-undang.

“Visi dan misi calon ketua harus mengedepankan pembangunan olahraga. Harapan kita olahraga di Sumsel lebih punya kemampuan, karena olahraga adalah prestise bagi daerah,” terang dia.

Sementara itu Lidayanto wakil ketua Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Sumsel menilai calon ketua harus berkopeten terhadap dunia olahraga.

“Dari beberapa nama yang sudah muncul di media saya kira sudah cukup layak,” kata dia.

Figur ketua menurutnya harus mampu membangun komunikasi dengan berbagai pihak, baik itu eksekutif, legeslatif, dunia usaha, maupun pelaku olahraga lainya.

“Terus menjaga gelora api olahraga yang telah terbentuk di Sumsel. Kita sudah terbangun, artinya semangat itu jangan pernah kendur,” tutup dia.

Untuk diketahui, musorprovlub digelar setelah ketua umum Alex Noerdin dikabarkan bakal mengundurkan diri setelah terpilih menjadi anggota DPR RI. Sejatinya  Alex Noerdin menjadi ketua umum KONI Sumsel Periode 2016-2020. (Iyop)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Renovasi Karena Terbakar, HNU Hadiri Syukuran Rumah Keluarga Syariful

Muaraenim, Detik Sumsel- Betapa bahagianya keluarga Syariful warga Dusun VI, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *