Beginilah Cermin Kerukunan Umat Beragama di Pati

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pati, Detik Sumsel – Inilah Indonesia, inilah Pancasila, nyata benar toleransi antar umat beragama di Indonesia. Seperti yang terlihat hari ini saat umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau 2022 di Desa Winong Kecamatan Pati, Kabupaten Pati.

Hal ini terlihat dengan berlangsungnya Sholat Idul Fitri di Masjid Al Muqorrobin Desa Winong. Masjid yang berhadapan dengan Gereja GKMI dan dibatasi jalan kampung bahkan satu kanopi ini sebagai wujud toleransi umat beragama di Pati.

Ketika Sholat Idul Fitri banyak masyarakat yang berbondong di masjid maupun di tanah lapang untuk melaksanakan sholat berjamaah. Tidak terkecuali warga Winong, ketika jumlah jamaah begitu banyaknya dan masjid sudah penuh banyak warga yang melaksanakan sholat di jalan yang ditutup kanopi. Bahkan begitu banyaknya warga jalan tersebut juga penuh.

Untuk memberikan ruang, pengurus Gereja GKMI membuka gerbang gereja agar teras dapat digunakan warga untuk melaksanakan sholat. Hal ini dilakukan sudah kesekian kalinya ketika Sholat Idul Fitri dilaksanakan di Masjid Al Muqorrobin.

Menurut Pendeta Didik Hartono, M.Th kerukunan antar umat ini sudah berlangsung sangat lama. Tidak hanya saat Idul Fitri, saat perayaan Natal atau hari besar lainnya kami saling mendukung dan saling menghormati.
” Beginilah kami sesama warga pemeluk agama di Desa Winong, saling menghargai saling menghormati dan bertoleransi satu sama lainnya,” ungkap Didik.

Terasa adem saat sesama saling menghormati satu sama lainnya, toleransi terjaga dan selalu dikedepankan sebagai perwujudan dari Pancasila. Inilah Winong, inilah Pati dan inilah Indonesia. ([email protected])

Komentar