Berhasil Raih Akreditasi Unggul 6 Prodi, Kini UIN Rafa Miliki 11 Prodi dengan Akreditasi A | Detik Sumsel
Pemprov

Berhasil Raih Akreditasi Unggul 6 Prodi, Kini UIN Rafa Miliki 11 Prodi dengan Akreditasi A

Palembang, Detik Sumsel-  Universitas Islam Negeri Raden Fatah ( UINRF) Palembang kembali meraih hasil maksimal Akreditasi Prodi-prodinya, di bawah komando, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si, berhasil menambah 6 Prodi dengan Akreditasi Unggul (A), Kini UIN Rafah Miliki 11 Prodi terakreditasi A. Capaian ini tentunya tak lepas dari peran berbagai pihak yang di bawah koordinasi Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN RF Palembang. atas keberhasilan tersebut seluruh Pimpinan mulai dari Rektorat, Dekanat, dan unit-unit lembaga, dosen, karyawan serta mahasiswa merasa terharu dan bangga serta bersyukur. Kamis (18/1/21)

Berikut Sambutan Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., yang mengatakan bahwa ini merupakan anugerah yang patut kita syukuri. Namun, anugerah tersebut tak mungkin dapat diraih tanpa adanya “Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Tuntas semua pihak hingga tercapainya Akreditasi A.” ujarnya. Masih menurut rektor ucapan terima kasih disampaikan kepada tim borang dan seluruh civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, semua pihak yang telah berjuang dengan maksimal sehingga memperoleh hasil yang maksimal. “Keberhasilan Program Studi yang memperoleh akreditasi A, jadikanlah penyemangat untuk prodi-prodi lainnya agar bisa mencapai hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Senada dengan ibu rektor Ketua LPM (Lembaga Penjamin Mutu) Dr. Syahril Jamil, menyatakan bahwa ini adalah hasil kerja kita bersama, tentu saya sangat gembira dan terharu dengan hasil yang dicapai. Akreditasi ini diperoleh melalui kerja keras semua pihak serta dukungan dari pimpinan UIN Raden Fatah,” pungkasnya.

Berikut wawancara khusus beberapa hari yang lalu, Ketua LPM UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Syahril Jamil (SJ) dengan awak media dan Humas, di ruang kerjanya Selasa (5/1). Wawancara ini kami tampilkan dalam format tanya – Jawab .

Media/Humas: UIN RF terus berpacu meraih Target, Tentu banyak yang dilakukan di antaranya bukti raihan Akreditasi A ini. Bagaimana komentar Bapak?

SJ: Pertama, akreditasi ini adalah tuntutan lembaga, artinya parameter baik atau tidak baiknya sebuah prodi diukur dengan akreditasinya. Akreditasi maksimal diukur dengan nilai A (Unggul). Rektor mencanangkan misi untuk 2020-2024 keseluruhan target kita meraih 60 persen atau lebih prodi-prodi terakreditasi A. Ini jadi tuntutan dan alat ukur prodi baik atau tidaknya. Kedua, Akreditasi juga penting bagi lulusan kita. Jadi memang bursa atau peluang pekerja alumni beberapa instansi membutuhkan akreditasi. Hak-hak mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, ya akreditasi ini ukuranya. Ketiga, bagi internal akreditasi itu cermin kualitas akademik. Karena yang memberi nilai orang lain. Instrumen akreditasi lengkap mulai dari isi sampai output maka penilaian komprehensif terkait akreditasi itu. Ini yang memotivasi kita untuk bekerja.

Humas: Komitmen kuat pimpinan tapi tanpa didukung tim yang solid. Bagaimana menurut bapak UIN RF dalam melaksanakannya dan mengatur agar setiap prodi bisa menerima tantangan ini?

SJ: Kita bangun budaya mutu dan menjadi hobi (Pekerjaan yang menyenangkan) dari setiap prodi dan fakultas. Secara tidak langsung jika ada yang dapat Akreditasi A maka yang lain terpacu  juga. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh civitas akademik ini berlomba-lomba capat nilai Unggul (A). Sehingga terbentuk hasil maksimal. Namun memang dalam mencapai unggul perlu strategi yaitu keberpihakan anggaran, dll. Alhamdulilah rektorat cukup bahkan sangat peduli dan perhatian dengan akreditasi ini. Untuk bisa mencapai A maka urusan keuangan kita atur anggarannya, dan tetap sesuai dengan prosedur, ini jadi motivasi. Selanjutnya ini contoh keteladanan atau uswah. Saya di sini Agustus menjabat Ketua LPM, sudah 4 bulan Ibu Rektor turun ke prodi-prodi untuk menyemangati dan ikut lembur mengecek dokumen dan kelengkapan untuk persyaratan akreditasi ini. Ini luar biasa sekali. Saat Visitasi berlangsung, alhamdulilah seluruh pimpinan mulai dari Rektor sampai ke asesor internal hadir dalam ruangan tersebut. sehingga jadi motivasi juga. Kawan-kawan yang sedang ujian di lapangan pun terbangun motivasi berkat dukungan moril dari unsur pimpinan.

Humas: Bukan perkara mudah untuk mendapatken akreditasi nilai A atau Unggul. Namun bagaimana mempertahankannya kedepan dan yan belum meraih diusahakan untuk dapat nilai A?

SJ: Yaa… kita mulai dari renstra Rektor (rencana strategis) 5 tahun ke depan, mulai titik kerjanya yang kita mulai setelah masa pelantikan, kita terus berupaya untuk bisa jaga dan pelihara bahkan meningkatkan nilai akreditasi. Yaa… tentu dengan budaya kerja dan Siklus evaluasi dan sebagainya, tuntutan para asessor internal dan ekternal serta LPM kita kerjakan dengan maksimal  dari tahun2 sebelumnya secara terus menerus (Kontinyu) sekaligus kita berusaha untuk memenuhi kriteria penilaian.

Humas: Prodi sudah terakreditasi A saat ini ada 11 prodi. Selanjutnya, target UIN RF Palembang?

SJ: Selama periode ini rektor merencanakan paling tidak 60 persen seluruh fakultas tercapai akreditasi. Ini target universitas, (60% dari 46 prodi yang ada meraih nilai Maksimal). Alhamdulilah ada beberapa program studi sudah mencapainya (lihat tabell data) seperti di Pascasarjana (S3) dan beberapa prodi di fakultas sudah mencapainya.

Humas: Apa masih ada Kendala?

SJ: Selama ini Kerapian dokumen. Itu yang kita masih agak belum cukup bagus untuk persyaratan akreditasi. Selanjutnya, ketersediaan dokumen yang menjadi kendala juga. Selanjutnya sistem yang lama dengan perubahan standar, dari 7 Standar ke  9 kriteria, menyiapkan output itu yang masih perlu ditingkatkan dengan baik. Namun kami sampai saat ini terus berupaya dan dalam waktu dekat kita optimis meraihnya.

Demikian wawancara singkat Tim Humas dan Awak Media beberapa hari yang lalu bersama Ketua LPM UIN Rafah Palembang. (Humas UIN RaFa)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Smansa I Prabumulih Raih Juara Cepat Tepat 2021 

Palembang, Detik Sumsel – Mengalahkan SMA N 1, SMA Negeri 1 Talang Kelapa dan SMA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *