Berkas P21, Tersangka Pencuri Sapi Terancam 7 Tahun Penjara | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Anggota Polsek Kikim Selatan saat memeriksa pelaku pencurian hewan ternak. Foto Heru/DS

Berkas P21, Tersangka Pencuri Sapi Terancam 7 Tahun Penjara

Lahat, Detik Sumsel  — Masih ingat dengan Saropi (21), pelaku pencurian hewan ternak,  yang telah meresahkan warga Desa Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Lahat, Sabtu (2/3) lalu. Kamis (25/4), Saropi akhirnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Lahat.

Dimana sebelumnya, Saropi berhasil diamankan warga, setelah adanya laporan hilangnya hewan ternak milik Jayusmar (50) warga setempat.

Dari hasil penyidikan Kanit Res, Polsek Kikim Selatan, Ipda Hendra Tri Siswanto SH MSi. tersangka yang merupakan warga Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu, Lahat ini, rupanya sudah 5 kali melakukan hal serupa, di lokasi yang sama.

Dalam melancarkan aksinya, sapi yang jadi target diberi racun TIMEX, lalu dibawa ke hutan untuk dipotong. Sedangkan isi perut sapi sengaja ditinggalkan, agar dagingnya mudah dibawa.

“Jadi saat dikepung warga, tersangka ini tidak sempat kabur. Sedangkan Jepi (20) juga warga Desa Pagar Agung, dan Rangga (15), warga desa setempat, berhasil kabur. Saat ini dua orang itu masih dalam buruan anggota kita,” terang Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kapolsek Kikim Selatan, Aiptu Maulana.

Tersangka rupanya tidak sulit lagi mencari pembeli. Daging sapi curian itu dijual pada penadah asal Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Dengan harga jual jauh dari pasaran, hanya seharga Rp 3 juta. Selain itu, setelah ditelusuri Saropi rupanyanya resedivis kasus pengeroyokan, yang selama ini sudah lama diburu petugas.

“Tersangka ini dikenakan pasal 303 ayat 1 ke 1, ancaman maksimal 10 tahun, ditambah pasal 363 ayat 1 ke 4 tentang hewan ternak, maksimal 7 tahun penjara. Sementara berkas akan kita ajukan, agar mendapatkan jadwal sidang,” terang Kasi Pidum Kejari Lahat, Variska AK. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *