Berkedok Dukun Palsu, MA Sukses Tipu Korbannya Hingga Ratusan Juta | Detik Sumsel
Pemprov
Tersangka dukun palsu saat diamankan Polisi

Berkedok Dukun Palsu, MA Sukses Tipu Korbannya Hingga Ratusan Juta 

Baturaja, Detik Sumsel – Berkedok sebagai dukun palsu yang mampu meloloskan orang diterima bekerja lewat mantra saktinya, MA (29) warga Jln Gotong Royong RT 012 RW 005 Kemala Raja Kab OKU sukses menipu FK (44) warga Imam Bonjol Lorong Masjid Desa Air Paoh Kec Baturaja Timur hingga ratusan juta rupiah.

Tak terima akan hal itu FK yang berprofesi sebagai ASN ini melaporkan kejadian penipuan itu ke Polres OKU hingga Sat Reskrim Polres OKU berhasil mengamankan MA dipersembunyiannya.

Istimewa

“Tersangka kita amankansaat berada di Palembang,” kata Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK melalui Kasi Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal.

Dituturkan Mardi, kejadian itu bermula pada sabtu (5/9/2021) saat tersanngka MA bersama Istrinya PB datang kerumah korban FK dengan menjanjikan kepada pelapor bahwa tersangka bisa memasukan dan meloloskan anak Korban RZ untuk bekerja di Kementerian Hukum Dan Ham ( Sipir )melalui doa – doa yang telah tersangka siapkan dengan sarat pelapor harus menyerahkan uang untuk membeli alat perdukunan.

“Mendengar hal tersebut pelapor merasa yakin kemudian menyerahkan uang cash sebesar Rp. 5.000.000 kepada tersangka yang akan digunakan utk membeli alat perdukunan,” tuturnya

Beberapa hari kemudian bermodal 1 buah kendi yang berisikan tasbih tersangka melancarkan aksinya datang kerumah korban, tersangka kemudian menyuruh korban untuj menanam dan menguburkan kendi tersebut disamping rumah korban.

Setelah itu tersangka sering menghubungi pelapor dan mememinta uang secara cash dan juga meminta pelapor untuk mentransfer dan mengirimkan uang secara berkali – kali kerekening yang dikirimkan tersangka kekorban dengan alasan untuk mempelancar tes RZ (anak korban)

Namun nyatanya setelah Korban mengirimkan sejumlah uang ketersangka, Hingga saat ini anak korban tak kunjung diterima da bekerja di KEMENKUMHAM serta uang tersebut tidak jelas dan tidak dikembalikan oleh tersangka. “Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp.220.000.000,” ungkapnya.

Dari kejadian ini Polisi mengamankan barang bukti berupa satu buah kendi, satu buah tasbih besar, satu buah buku tabungan Bank BRI milik tersangka, print out rek koran Bank BRU, dan satu buah kartu ATM BRI. “Saat ini tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres OKU untuk pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut,” tandasnya. (Fei)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.