Berobat Gratis Bisa Dimana Saja | Detik Sumsel
Detik
Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Lahat, Ubaidillah SKM Mkes, foto istimewa.

Berobat Gratis Bisa Dimana Saja

Lahat, Detik Sumsel – Terhitung pada Mei 2021 berobat gratis untuk masyarakat Kabupaten Lahat kembali menggunakan BPJS kesehatan, meskipun begitu berobat gratis program Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang-Haryanto (Cahaya) ini, tetap bisa dilakukan ke seluruh indonesia. Hanya saja, untuk berobat di luar Kabupaten Lahat diperlukan surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM MKes melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Ubaidillah SKM MKes mengatakan, kalau sebelumnya cukup gunakan KK/KTP sekarang berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Apabila masyarakat hendak berobat ke luar daerah harus memiliki rujukan dari Puskesmas, kecuali emergency bisa langsung.

“Rujukannya dari puskesmas ke rumah sakit umum Lahat, jika tidak bisa diobati di RSUD Lahat dirujuk ke rumah sakit lebih tinggi kelasnya, tetapi melalui rujukan RSUD Lahat,” jelasnya, Minggu (19/12).

Kemudian, Ubaidilla mengungkapkan, seluruh masyarakat yang memiliki KTP dan KK Kabupaten Lahat sudah didaftarkan dan ditanggung oleh Pemkab Lahat. Apabila masyarakat belum memiliki kartu BPJS, bisa langsung mengurus di Dinas Kesrhatan.

“Kalau belum ada (Kartu BPJS Kesehatan) bisa datang ke Dinkes Lahat, bawa foto copy kartu keluarga. Apabila dalam keadaan emergency bisa langsung berobat, meski sedang berada di luar daerah,” sampainya.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Forum Masyarakat OKU Galang Dana Untuk Bantu Pemkab

Baturaja, Detik Sumsel – Krisis keuangan yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *