Bervisi Menjadi Perguruan Tinggi Berbasis Riset, STAI Ash-Shiddiqiyah Selenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah | Detik Sumsel
BNI"
Pemateri dan sebagian peserta KTI foto bersama setelah kegiatan pelatiahan

Bervisi Menjadi Perguruan Tinggi Berbasis Riset, STAI Ash-Shiddiqiyah Selenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Ogan Komering Ilir (OKI), Detik Sumsel – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah menyelenggarakan pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada 28 September sampai 1 Oktober 2020. Perguruan tinggi yang terletak di Kecamatan Lempuing Jaya ini menyelenggarakan pelatihan KTI untuk para mahasiswa baru angkatan 2020/2021.

Pelatihan KTI dibuka langsung oleh ketua STAI Ash-Shiddiqiyah Dr. Agus Sholikhin, S. Si., M. Pd. I pada Senin, 28 Oktober 2020. Dalam sambutan pembukaan, beliau menyampaikan arti penting adanya pelatihan KTI terutama bagi para mahasiswa baru. Pelatihan KTI melatih para mahasiswa baru untuk berfikir kritis dan ilmiah.

Sebab kemampuan untuk berfikir kritis dan ilmiah sangat penting menjadi bekal bagi para mahasiswa baru selama menjalani proses perkuliahan. Terlebih, nanti di ujung masa perkuliahan para mahasiswa diwajibkan untuk menulis tugas akhir atau skripsi. Maka dari itu, kemampuan untuk menulis dan berfikir ilmiah harus dimulai sejak awal menjalani masa perkuliahan.

Masih dari sambutan ketua STAI Ash-Shiddiqiyah Dr. Agus Sholikhin, S. Si., M. Pd. I, beliau menegaskan lebih lanjut bahwa diselenggarakannya pelatihan KTI ini juga selaras dengan visi kampus STAI Ash-Shiddiqiyah ke depannya untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka berbasis riset di wilayah Kabupaten OKI, bahkan juga di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun para narasumber dalam pelatihan tersebut antara lain, sesuai dengan jadwal yang ada, di hari pertama (28/10) di isi oleh Ifrohan, M. Pd dan Misbahul Munir, S.E, M.E.K memberikan pelatiahn KTI di progran studi (prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Selanjutnya di hari kedua diisi oleh Ahmad Rojali M. Pd dan Dr. Darul Abror, M. Pd untuk prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan di hari ketiga diisi oleh Bambang Suryaningrat, S.E., M.Si dan Misbahul Munir, S.E, M.E.K untuk prodi Ekonomi Syariah (ES) dan prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Sedangkan untuk hari terakhir, pelatihan KTI diisi dengan acara coaching clinic dan penilian yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan didampingi oleh Ifrohan, M. Pd dan Misbahul Munir, S.E, M.E.K. Selanjutnya akan ada bimbingan secara mandiri dari para pemateri yang juga merupakan para dosen di STAI Ash-Shiddiqiyah untuk proses pembuatan KTI sampai selesai hingga para mahasiswa baru benar-benar mampu membuat KTI secara baik dan benar. Terakhir, informasi lain yang tidak kalah pentingnya, pelatihan KTI tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan kaitannya dengan penyebaran Covid-19, seperti jaga jarak, mengenakan masker dan lain sebagainya. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Cegah Karhutbunlah, Pemkab OKI Perkuat Kemitraan Global Melalui SIAP IFM 

Kayuagung, Detik Sumsel – Guna memitigasi Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) secara optimal, Pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *