banner 728x250

BI Beri Beasiswa untuk 25 ribu Lebih Mahasiswa dan Mahasiswi

Anggota komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI)
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Bank Indonesia melalui Program Dedikasi Untuk Negeri sejak tahun 2011 telah memberikan Beasiswa kepada lebih dari 25.000 mahasiswa dan mahasiswi.

Di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2022 telah disalurkan beasiswa kepada 1.022 orang mahasiswa berprestasi dari Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Program Beasiswa Bank Indonesia ini diarahkan tidak hanya dalam bentuk pemberian dana yang dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, namun mahasiswa/i yang terpilih menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia juga diberikan capacity building berupa pelatihan kepemimpinan dan pengembangan soft skill, serta sekaligus menjadi anggota komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Untuk meningkatkan kapasitas GenBI sebagai garda terdepan dalam memperkuat komunikasi kebijakan-kebijakan ekonomi kepada masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan capacity building GenBI Sumatera Selatan tahun 2022 di Palembang kemarin.

Kegiatan diikuti oleh sekitar 175 penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2022 dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Melalui capacity building ini, GenBI mendapatkan berbagai materi antara lain mengenai Kebanksentralan, Ekonomi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah, Cinta Bangga Paham Rupiah, serta Ekonomi Keuangan Digital.

Baca Juga :   Selama Pameran, Antam Mampu Menjual ke 30 Konsumen

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja, dalam sambutannya menyampaikan tiga poin penting yang harus dilakukan GenBI sebagai calon pemimpin masa depan.

Pertama, GenBI harus terus mengasah kemampuan berpikir maju ke depan agar GenBI bisa selalu agile, adaptif dan eksploratif dalam melihat setiap permasalahan dari berbagai sisi.

Kedua, harus terus mengasah kapasitas untuk menjadi agen perubahan yang mampu berinovasi dan berpikir kreatif.

Ketiga, GenBI diharapkan memiliki digital mindset yang mampu memanfaatkan teknologi digital secara cermat, tidak hanya sebagai alat saja namun juga sebagai media untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dengan bekal tersebut, GenBI diharapkan mampu menjadi pemimpin masa depan dan bisa memberi kontribusi nyata bagi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan Indonesia Unggul.”katanya, Jumat (27/05)

Baca Juga :   All New Ayla Hadir Lebih Ringan di Interior dan Eksterior

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi, M.M., dalam seremoni pembukaan acara menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia Sumatera Selatan yang telah berkontribusi dalam mendukung kemajuan pendidikan di Sumatera Selatan. Beliau juga menyampaikan pesan motivasi kepada komunitas GenBI untuk terus berinovasi, mengembangkan networking dan mengembangkan jiwa entrepreneurship sehingga mampu bersaing di era global.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan pelantikan GenBI Sumatera Selatan tahun 2022 yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi, M.M., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sriwijaya, Iwan Stia Budi, S.KM., M.KES, Wakil Dekan III Fakultas Saintek UIN Raden Fatah, Dr. Muhammad Isnani, M.Pd, dan Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya, Dr. Marieska Lupikawaty, S.E.,M.M. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL