BI Sosialisasikan Quick Response Code Indonesian Standard ke Perguruan Tinggi | Detik Sumsel
Detik
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Yunita Resmi Sari, Ketua Umum Yayasan Universitas Tridinanti Prof Mahmud Hasyim dan Rektor Universitas Tridinanti, Manisah. (Tohir/detiksumsel.com)

BI Sosialisasikan Quick Response Code Indonesian Standard ke Perguruan Tinggi

Palembang, Detik Sumsel -Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumsel kembali meresmikan Bl Corner di perpustakaan Universitas
Tridinanti, Senin (25/11).

Peresmian fasilitas tersebut merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan tema “Indonesia Cerdas” menginisiasi pendirian 1000 BI Corner yang ditempatkan di perpustakaan-perpustakaan di Indonesia.

Hal ini guna mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bank Indonesia, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.

BI Corner diresmikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Yunita Resmi Sari, Ketua Umum Yayasan Universitas Tridinanti Prof Mahmud Hasyim dan Rektor Universitas Tridinanti, Manisah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Yunita Resmi Sari, melalui peresmian ini diharapkan Bl Corner dapat memberikan manfaat secara optimal bagi para mahasiswa untuk mengakses informasi dan literasi secara mudah dan cepat serta dapat mengetahui lebih jauh peran, tugas pokok, dan kebijakan Bank Indonesia.

“Sehingga misalnya ada kebijakan baru dari BI lebih mudah tersampaikan lewat BI Corner ini,” kata dia.

Sejak tahun 2016, dan hingga saat ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan telah membangun 15 BI Corner dan ini merupakan BI Corner yang ke-11 yang kami resmikan.

Pada tahun 2018, Bank Indonesia mendirikan BI Corner di Politeknik Negeri Sriwijaya, Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Pesantren Aulia Cendikia.

Selanjutnya pada tahun 2019, Bank Indonesia mendirikan 5 BI Corner yaitu di SMA Sumatera Selatan, SMA 17, SMA 1 Xaverius, Universitas Syahyakirti, dan yang kami resmikan hari ini di Universitas Tridinanti.

Selain peresmian Bl Corner, bank sentral juga melakukan sosialisasi terkait Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada mahasiswa Universitas Tridinanti.

QRIS (QR Code Indonesia
Standard) adalah standar nasional QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.

QRIS yang mengusung semangat
UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung). QRIS juga bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju.

Sampai saat ini beberapa Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) telah mengimplementasikan QRIS pada merchant-merchant di Sumsel.

“Selanjutnya kami harap
penerapan QRIS dapat mempermudah dalam bertransaksi dan mendorong kemajuan ekonomi digital di Indonesia, khususnya Provinsi Sumsel,” ujar Yunita.(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Beri Pelatihan Bagi Keluarga Terdampak COVID-19

Palembang, Detik Sumsel- Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *